Contoh Laporan Hasil Pengamatan Di Lingkungan Rumah
contoh hasil laporan pengamatan di lingkungan sekitar rumah
1. contoh hasil laporan pengamatan di lingkungan sekitar rumah
tanaman putri malu, benda hidup dan benda mati,hewan dll
2. contoh laporan hasil pengamatan tentang lingkungan di sekitar rumah
laporan oknummik semoga membantuDi belakang rumah ku terdapat beberapa pepohonan. Antara lain adalah pohon mangga, phon jambu, dan pohon rambutan. Di depan rumahkau juga terdapat kolam ikan jenis jenis ikan yang ada adalah ikan mujair, dan ikam emas.
Semoga membantu ^^
Tolong jadikan jawaban terbaik ^^
3. Contoh hasil laporan pengamatan di sekitar lingkungan rumah
Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekotar kita. Lingkungan terdiri dari lingkungan biotik dan abiotik
Di lingkungan rumah ku terdapat banyak bunga dan pohon buah. Bunga di sekitar rumahku ada banyak,yakni bunga anggrek, melati, mawar, rose da kembang sepatu
Lingkungan sekitar rumahku ini bermanfaat untuk memperindah rumahku dan supaya orang tertarik melihat rumahku ini.
Ucapkan terima kasih ya
Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekotar kita. Lingkungan terdiri dari lingkungan biotik dan abiotik
Di lingkungan rumah ku terdapat banyak bunga dan pohon buah. Bunga di sekitar rumahku ada banyak,yakni bunga anggrek, melati, mawar, rose da kembang sepatu
Lingkungan sekitar rumahku ini bermanfaat untuk memperindah rumahku dan supaya orang tertarik melihat rumah
4. Contoh laporan hasil pengamatan lingkungan sekitar rumah
Jawaban:
hal yang diamati: sampah yang menumpuk di kebun
semoga membantu
5. Laporan Hasil Pengamatan Objek pengamatan : Pohon jati, mahoni, dan kaktus Lokasi : Rumah Eka dan halaman dekat rumah Eka Tujuan pengamatan : Mengamati cara tumbuhan beradaptasi dengan lingkungannya Waktu pengamatan : Minggu, 17 Mei 2019 Nama pengamat : Made dan Eka Adaptasi Tumbuhan Berdasarkan Tempat Hidupnya Setiap makhluk hidup tentunya memerlukan adaptasi jika mereka berada di suatu lingkungan yang baru. Tak terkecuali pada tumbuhan. Mereka pun mempunyai cara agar dapat beradaptasi dengan lingkungan tempat hidupnya. Contoh tumbuh-tumbuhan tersebut di antaranya pohon jati, mahoni, dan kaktus. Beberapa tumbuhan mempunyai cara tersendiri dalam mengurangi penguapan. Ada yang menggugurkan daunnya pada musim kemarau, misalnya pohon jati dan pohon mahoni. Sementara itu, kaktus menyesuaikan diri dengan lingkungannya melalui dua cara. Pertama, mengubah bentuk daunnya menjadi duri. Kedua, batangnya berdaging dan berkulit tebal. Batang yang seperti ini berfungsi untuk menyimpan air. Dengan demikian, kaktus dapat mengurangi penguapan dan tidak kekeringan. Pada saat musim hujan, kaktus menyerap air sebanyak-banyaknya. Air tersebut disimpan di dalam batang. Cadangan air ini digunakan ketika musim kering tiba. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan lengkap sesuai dengan teks laporan pengamatan! 1. Siapakah yang melakukan pengamatan? 2. Dimanakah pengamatan tersebut dilakukan? 3. Kapan pengamatan tersebut dilakukan? 4. Apakah objek yang diamati dalam pengamatan tersebut? 5. Tuliskan sebuah kesimpulan berdasarkan hasil pengamatan di atas!
Jawaban:
1.Yang melakukan pengamatan ialah Made dan Eka.2.Pengamatan tersebut dilakukan di halaman dekat rumah Eka.3.Pengamatan dilakukan pada hari Minggu,tanggal 17 Mei 2019.4.Objek yang diamati pada teks tersebut adalah "pohon jati,mahoni,dan kaktus".5.Made dan Eka sedang melakukan pengamatan pohon jati,mahoni,dan kaktus di halaman dekat rumah Eka.Mereka melakukan pengamatan pada hari Minggu,tanggal 17 Mei 2019 dengan tujuan,"mengamati cara tumbuhan beradaptasi dengan lingkungannya".Penjelasan:
/\
6. 1. Guru, pekerja seni, petugas kebersihan, merupakan contoh bahan/sumber belajar IPS kelompok....... Pilih salah satu jawaban a. narasumber b. lingkungan alam c. lingkungan masyarakat dan budaya d. lingkungan sosial 2. Materi yang dimulai dari keluarga, masyarakat petani, masyarakat desa, masyarakat perkotaan, dan masyarakat lainnya yang lebih luas dan jauh adalah contoh pendekatan .... Pilih salah satu jawaban a. Expanding Thematical Approach b. Expanding Thopical Approach c. Expanding Environmental Approach d. Expanding Community Approach 3. Mempelajari IPS di Sekolah Dasar merupakan salah satu upaya mengajak peserta didik peka terhadap masalah di sekitarnya. Berikut contoh perilaku yang bisa dilakukan peserta didik, kecuali .... Pilih salah satu jawaban a. tidak membuang sampah di sungai b. menanam pohon di lingkungan rumah c. menggunakan air secukupnya 4. Metode pembelajaran dengan cara belajar siswa dalam rangka memfasilitasi prestasi akademik siswa yang beragam, baik dari segi ras, budaya ataupun sosial, merupakan salah satu perwujudan kompetensi .... Pilih salah satu jawaban a. pendidikan karakter b. intelektual c. multikultural d. Sosial 5. Nilai-nilai pembelajaran IPS pada materi lingkungan dimaksudkan agar siswa .... .... Pilih salah satu jawaban a. memanfaatkan sumber daya alam semaksimal mungkin b. memahami keterbatasan sumber daya alam dan bijak dalam memanfaatkannya c. menjual sumber daya alam lain untuk kemakmuran masyarakat d. menggali sumber daya alam yang belum tersentuh 6. Pada area dan substansi pembelajaran, alam sebagai tempat dan penyedia potensi sumber daya merupakan bagian dari .... Pilih salah satu jawaban a. waktu b. norma c. nilai d. Ruang 7. Pengalaman belajar yang meningkatkan keterampilan IPS yang berkaitan dengan kebudayaan adalah .... Pilih salah satu jawaban a. membaca artikel tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa di sekitarnya b. mendengarkan penjelasan tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa di sekitarnya c. melakukan pengamatan tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa di sekitarnya d. melakukan pengamatan kegiatan masyarakat dan membuat laporan tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa 8. Pengembangan pemahaman dan sikap positif siswa terhadap nilai, norma dan moral yang berlaku dalam masyarakat termasuk dalam aspek .... Pilih salah satu jawaban a. keterampilan b. intelektual c. kehidupan sosial d. kehidupan individu 9. Salah satu manfaat mempelajari IPS yang berkaitan dengan lingkungan adalah.... Pilih salah satu jawaban a. menjaga kelestarian sumber daya alam yang terbatas b. mengambil keuntungan yang sebesar-besarnya dari kelangkaan sumber daya alam c. memanfaatkan sumber daya alam di daerahnya untuk kepentingan tertentu d. memahami sumber daya alam tak terbatas di lingkungannya 10. Tujuan mempelajari IPS adalah untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam memahami disiplin ilmu sosial, kemampuan berpikir, kemampuan prosesual dalam mencari informasi dan mengkomunikasikan hasil temuan. Tujuan tersebut termasuk dalam pengembangan .... Pilih salah satu jawaban a. diri sebagai makhluk sosial b. diri siswa sebagai pribadi c. kemampuan intelektual siswa d. kemampuan dan rasa tanggung jawab sebagai anggota masyarakat dan bangsa
1.a
2.a
3.a
4.a
5.a
6.a
7.a
8.a
9.a
10.a
7. 1. Guru, pekerja seni, petugas kebersihan, merupakan contoh bahan/sumber belajar IPS kelompok....... Pilih salah satu jawaban a. narasumber b. lingkungan alam c. lingkungan masyarakat dan budaya d. lingkungan sosial 2. Materi yang dimulai dari keluarga, masyarakat petani, masyarakat desa, masyarakat perkotaan, dan masyarakat lainnya yang lebih luas dan jauh adalah contoh pendekatan .... Pilih salah satu jawaban a. Expanding Thematical Approach b. Expanding Thopical Approach c. Expanding Environmental Approach d. Expanding Community Approach 3. Mempelajari IPS di Sekolah Dasar merupakan salah satu upaya mengajak peserta didik peka terhadap masalah di sekitarnya. Berikut contoh perilaku yang bisa dilakukan peserta didik, kecuali .... Pilih salah satu jawaban a. tidak membuang sampah di sungai b. menanam pohon di lingkungan rumah c. menggunakan air secukupnya 4. Metode pembelajaran dengan cara belajar siswa dalam rangka memfasilitasi prestasi akademik siswa yang beragam, baik dari segi ras, budaya ataupun sosial, merupakan salah satu perwujudan kompetensi .... Pilih salah satu jawaban a. pendidikan karakter b. intelektual c. multikultural d. Sosial 5. Nilai-nilai pembelajaran IPS pada materi lingkungan dimaksudkan agar siswa .... .... Pilih salah satu jawaban a. memanfaatkan sumber daya alam semaksimal mungkin b. memahami keterbatasan sumber daya alam dan bijak dalam memanfaatkannya c. menjual sumber daya alam lain untuk kemakmuran masyarakat d. menggali sumber daya alam yang belum tersentuh 6. Pada area dan substansi pembelajaran, alam sebagai tempat dan penyedia potensi sumber daya merupakan bagian dari .... Pilih salah satu jawaban a. waktu b. norma c. nilai d. Ruang 7. Pengalaman belajar yang meningkatkan keterampilan IPS yang berkaitan dengan kebudayaan adalah .... Pilih salah satu jawaban a. membaca artikel tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa di sekitarnya b. mendengarkan penjelasan tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa di sekitarnya c. melakukan pengamatan tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa di sekitarnya d. melakukan pengamatan kegiatan masyarakat dan membuat laporan tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa 8. Pengembangan pemahaman dan sikap positif siswa terhadap nilai, norma dan moral yang berlaku dalam masyarakat termasuk dalam aspek .... Pilih salah satu jawaban a. keterampilan b. intelektual c. kehidupan sosial d. kehidupan individu 9. Salah satu manfaat mempelajari IPS yang berkaitan dengan lingkungan adalah.... Pilih salah satu jawaban a. menjaga kelestarian sumber daya alam yang terbatas b. mengambil keuntungan yang sebesar-besarnya dari kelangkaan sumber daya alam c. memanfaatkan sumber daya alam di daerahnya untuk kepentingan tertentu d. memahami sumber daya alam tak terbatas di lingkungannya 10. Tujuan mempelajari IPS adalah untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam memahami disiplin ilmu sosial, kemampuan berpikir, kemampuan prosesual dalam mencari informasi dan mengkomunikasikan hasil temuan. Tujuan tersebut termasuk dalam pengembangan .... Pilih salah satu jawaban a. diri sebagai makhluk sosial b. diri siswa sebagai pribadi c. kemampuan intelektual siswa d. kemampuan dan rasa tanggung jawab sebagai anggota masyarakat dan bangsa
1.d.lingkungan sosial
2.d.
3.c
4.c
5.A.
6.A.
7.C.
8.C.
9.A
10.d
8. 1. Guru, pekerja seni, petugas kebersihan, merupakan contoh bahan/sumber belajar IPS kelompok....... Pilih salah satu jawaban a. narasumber b. lingkungan alam c. lingkungan masyarakat dan budaya d. lingkungan sosial 2. Materi yang dimulai dari keluarga, masyarakat petani, masyarakat desa, masyarakat perkotaan, dan masyarakat lainnya yang lebih luas dan jauh adalah contoh pendekatan .... Pilih salah satu jawaban a. Expanding Thematical Approach b. Expanding Thopical Approach c. Expanding Environmental Approach d. Expanding Community Approach 3. Mempelajari IPS di Sekolah Dasar merupakan salah satu upaya mengajak peserta didik peka terhadap masalah di sekitarnya. Berikut contoh perilaku yang bisa dilakukan peserta didik, kecuali .... Pilih salah satu jawaban a. tidak membuang sampah di sungai b. menanam pohon di lingkungan rumah c. menggunakan air secukupnya 4. Metode pembelajaran dengan cara belajar siswa dalam rangka memfasilitasi prestasi akademik siswa yang beragam, baik dari segi ras, budaya ataupun sosial, merupakan salah satu perwujudan kompetensi .... Pilih salah satu jawaban a. pendidikan karakter b. intelektual c. multikultural d. Sosial 5. Nilai-nilai pembelajaran IPS pada materi lingkungan dimaksudkan agar siswa .... .... Pilih salah satu jawaban a. memanfaatkan sumber daya alam semaksimal mungkin b. memahami keterbatasan sumber daya alam dan bijak dalam memanfaatkannya c. menjual sumber daya alam lain untuk kemakmuran masyarakat d. menggali sumber daya alam yang belum tersentuh 6. Pada area dan substansi pembelajaran, alam sebagai tempat dan penyedia potensi sumber daya merupakan bagian dari .... Pilih salah satu jawaban a. waktu b. norma c. nilai d. Ruang 7. Pengalaman belajar yang meningkatkan keterampilan IPS yang berkaitan dengan kebudayaan adalah .... Pilih salah satu jawaban a. membaca artikel tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa di sekitarnya b. mendengarkan penjelasan tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa di sekitarnya c. melakukan pengamatan tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa di sekitarnya d. melakukan pengamatan kegiatan masyarakat dan membuat laporan tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa 8. Pengembangan pemahaman dan sikap positif siswa terhadap nilai, norma dan moral yang berlaku dalam masyarakat termasuk dalam aspek .... Pilih salah satu jawaban a. keterampilan b. intelektual c. kehidupan sosial d. kehidupan individu 9. Salah satu manfaat mempelajari IPS yang berkaitan dengan lingkungan adalah.... Pilih salah satu jawaban a. menjaga kelestarian sumber daya alam yang terbatas b. mengambil keuntungan yang sebesar-besarnya dari kelangkaan sumber daya alam c. memanfaatkan sumber daya alam di daerahnya untuk kepentingan tertentu d. memahami sumber daya alam tak terbatas di lingkungannya 10. Tujuan mempelajari IPS adalah untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam memahami disiplin ilmu sosial, kemampuan berpikir, kemampuan prosesual dalam mencari informasi dan mengkomunikasikan hasil temuan. Tujuan tersebut termasuk dalam pengembangan .... Pilih salah satu jawaban a. diri sebagai makhluk sosial b. diri siswa sebagai pribadi c. kemampuan intelektual siswa d. kemampuan dan rasa tanggung jawab sebagai anggota masyarakat dan bangsa
No 1 d.Lingkungan sosial
9. 1. Guru, pekerja seni, petugas kebersihan, merupakan contoh bahan/sumber belajar IPS kelompok....... Pilih salah satu jawaban a. narasumber b. lingkungan alam c. lingkungan masyarakat dan budaya d. lingkungan sosial 2. Materi yang dimulai dari keluarga, masyarakat petani, masyarakat desa, masyarakat perkotaan, dan masyarakat lainnya yang lebih luas dan jauh adalah contoh pendekatan .... Pilih salah satu jawaban a. Expanding Thematical Approach b. Expanding Thopical Approach c. Expanding Environmental Approach d. Expanding Community Approach 3. Mempelajari IPS di Sekolah Dasar merupakan salah satu upaya mengajak peserta didik peka terhadap masalah di sekitarnya. Berikut contoh perilaku yang bisa dilakukan peserta didik, kecuali .... Pilih salah satu jawaban a. tidak membuang sampah di sungai b. menanam pohon di lingkungan rumah c. menggunakan air secukupnya 4. Metode pembelajaran dengan cara belajar siswa dalam rangka memfasilitasi prestasi akademik siswa yang beragam, baik dari segi ras, budaya ataupun sosial, merupakan salah satu perwujudan kompetensi .... Pilih salah satu jawaban a. pendidikan karakter b. intelektual c. multikultural d. Sosial 5. Nilai-nilai pembelajaran IPS pada materi lingkungan dimaksudkan agar siswa .... .... Pilih salah satu jawaban a. memanfaatkan sumber daya alam semaksimal mungkin b. memahami keterbatasan sumber daya alam dan bijak dalam memanfaatkannya c. menjual sumber daya alam lain untuk kemakmuran masyarakat d. menggali sumber daya alam yang belum tersentuh 6. Pada area dan substansi pembelajaran, alam sebagai tempat dan penyedia potensi sumber daya merupakan bagian dari .... Pilih salah satu jawaban a. waktu b. norma c. nilai d. Ruang 7. Pengalaman belajar yang meningkatkan keterampilan IPS yang berkaitan dengan kebudayaan adalah .... Pilih salah satu jawaban a. membaca artikel tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa di sekitarnya b. mendengarkan penjelasan tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa di sekitarnya c. melakukan pengamatan tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa di sekitarnya d. melakukan pengamatan kegiatan masyarakat dan membuat laporan tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa 8. Pengembangan pemahaman dan sikap positif siswa terhadap nilai, norma dan moral yang berlaku dalam masyarakat termasuk dalam aspek .... Pilih salah satu jawaban a. keterampilan b. intelektual c. kehidupan sosial d. kehidupan individu 9. Salah satu manfaat mempelajari IPS yang berkaitan dengan lingkungan adalah.... Pilih salah satu jawaban a. menjaga kelestarian sumber daya alam yang terbatas b. mengambil keuntungan yang sebesar-besarnya dari kelangkaan sumber daya alam c. memanfaatkan sumber daya alam di daerahnya untuk kepentingan tertentu d. memahami sumber daya alam tak terbatas di lingkungannya 10. Tujuan mempelajari IPS adalah untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam memahami disiplin ilmu sosial, kemampuan berpikir, kemampuan prosesual dalam mencari informasi dan mengkomunikasikan hasil temuan. Tujuan tersebut termasuk dalam pengembangan .... Pilih salah satu jawaban a. diri sebagai makhluk sosial b. diri siswa sebagai pribadi c. kemampuan intelektual siswa d. kemampuan dan rasa tanggung jawab sebagai anggota masyarakat dan bangsa
B.LINGKUNGAN ALAM TERIMA KASIH
10. LAPORAN HASIL PENGAMATAN Objek pengamatan : Pohon jati, mahoni, dan kaktusLokasi : Rumah Eka dan halaman dekat rumah EkaTujuan pengamatan :Mengamati cara tumbuhan beradaptasi dengan lingkungannyaWaktu pengamatan : Minggu, 17 Mei 2020Nama pengamat : Made dan EkaAdaptasi Tumbuhan Berdasarkan Tempat HidupnyaSetiap makhluk hidup tentunya memerlukan adaptasi jika mereka berada di suatu lingkungan yang baru. Tak terkecuali pada tumbuhan. Mereka pun mempunyai cara agar dapat beradaptasi dengan lingkungan tempat hidupnya. Contoh tumbuh-tumbuhan tersebut di antaranya pohon jati, mahoni, dan kaktus.Beberapa tumbuhan mempunyai cara tersendiri dalam mengurangi penguapan. Ada yang menggugurkan daunnya pada musim kemarau, misalnya pohon jati dan pohon mahoni. Sementara itu, kaktus menyesuaikan diri dengan lingkungannya melalui dua cara. Pertama, mengubah bentuk daunnya menjadi duri. Kedua, batangnya berdaging dan berkulit tebal. Batang yang seperti ini berfungsi untuk menyimpan air. Dengan demikian, kaktus dapat mengurangi penguapan dan tidak kekeringan. Pada saat musim hujan, kaktus menyerap air sebanyak-banyaknya. Air tersebut disimpan di dalam batang. Cadangan air ini digunakan ketika musim kering tiba. 1. Kalimat utama paragraf kedua teks laporan hasil pengamatan tersebut adalah.... * 2.Informasi yang sesuai dengan teks laporan hasil pengamatan berikut adalah.... *tolong bantu butuh banget plisss
Jawaban:
Beberapa tumbuhan mempunyai cara tersendiri dalam mengurangi penguapanBeberapa tumbuhan mempunyai cara tersendiri dalam mengurangi penguapan. Ada yang menggugurkan daunnya pada musim kemarau, misalnya pohon jati dan pohon mahoni.Penjelasan:
maaf kalo salah
semoga membantu
11. Contoh teks laporan hasil pengamatan tentang kebersihan lingkungan rumah
Contoh teks laporan hasil pengamatan tentang kebersihan lingkungan :
Judul : Desa Anjangsana yang Ramah Lingkungan.
Pernyataan umum : Desa anjangsana adalah desa yang terletak di kawasan pesisir di pantai yang letaknya sekitar 3 kilometer dari laut. Karena kawasan pesisir merupakan daerah yang kering, sehingga desa anjangsana memiliki banyak pepohonan rindang. Untuk menggiatkan warga desa dalam kebersihan lingkungan, desa anjangsana memiliki program bernama Ramah Lingkungan. Ramah merupakan singkatan dari rajin menjamah yang artinya adalah rajin melakukan aktivitas untuk menjaga lingkungan selalu bersih. Desa anjangsana dihuni oleh 45 kepala keluarga dengan jumlah penduduk sekitar 200 orang.
Deskripsi bagian :
Program Ramah Lingkungan desa anjangsana terdiri dari kegiatan kerja bakti massal yang dilakukan setiap 2 minggu 1 kali, mencakup pembersihan selokan, pembersihan tanaman liar dan memangkas daun-daun kering pepohonan. Selain itu ada juga kegiatan pemisahan sampah di setiap rumah warga yang dilakukan setiap hari. Sedangkan program bulanan terdiri dari perbaikan atau perawatan sarana umum, seperti tempat sampah umum, taman dan mushola.
Deskripsi manfaat :
Kondisi lingkungan di setiap wilayah sudah pasti berbeda-beda. Hanya warganya sendiri yang bisa mengenali wilayah yang dihuninya. Sehingga bisa menentukan penanganan seperti apa yang bisa dilakukan termasuk dalam memelihara kebersihan. Manfaat program ramah lingkungan di desa anjangsana, selain untuk memelihara kebersihan juga sebagai sarana edukasi bagi anak-anak untuk membiasakan hidup bersih.
PembahasanPada contoh teks laporan tentang hasil pengamatan diatas, terdapat bagian-bagian yaitu judul, pernyataan umum, deskripsi bagian dan deskripsi manfaat. Keempat bagian tersebut merupakan struktur dalam teks laporan tentang hasil pengamatan. Berikut ini penjelasannya :
Judul : judul laporan yang mencantumkan nama objek. Pernyataan umum : informasi umum tentang objek yang diamati. Deskripsi bagian : merupakan informasi tentang ciri-ciri objek yang diamati. Deskripsi manfaat : merupakan informasi tentang kegunaan obyek yang diamati, atau tujuan dari pengamatan. Pelajari lebih lanjut Materi tentang hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat laporan pengamatan https://brainly.co.id/tugas/21441668Materi tentang membuat teks laporan hasil pengamatan https://brainly.co.id/tugas/38985032Materi tentang prosedur pengamatan https://brainly.co.id/tugas/11286380Detail jawabanKelas : Sekolah Menengah Pertama
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Bab : 1 - Laporan hasil observasi
Kode : 10.1.1
#TingkatkanPrestasimu
#SPJ6
12. 1. Di bawah ini adalah contoh bagian dari teks laporan yang telah dikumpulkan menggunakan pola kronologis. a. Rumah Dimas menghadap ke beranda masjid. Batas pagar rumah dengan pagar masjid hanya berjarak sekitar 3 meter b. Setelah melintasi kompleks makam, Anda akan mencapai pasar hewan dalam waktu sekitar 15 menit. Di sini kami berdagang dengan produk hewani. c. Setelah makan kami kembali bekerja. Sebelumnya, kami makan dengan antusias dan sedikit obrolan ringan sebagai hidangan pembuka d. Pak Rusmin, namanya sangat ramah untuk semua orang. Bahkan untuk orang yang bermusuhan. 2. Teks laporan hasil observasi berisi A. Hasil peninjauan atau pengamatan secara rinci , sistematif , faktual , dan cermat B. Langkah langkah atau tahapan dalam membuat suatu hal C. Informasi faktual yang baru saja benar benar terjadi dalam lingkungan sekitar D. Informasi tentang suatu objek atau situasi yang merupakan hasil suatu pengamatan ilmia 3. Penggunaan kata depan "di" yang tepat terdapat pada kalimat A. Salah satu museum yang banyak di kunjungi pelajar adalah museum geologi bandung B. Museum ini di dirikan pada zaman kolonialisme belanda C. Malioboro adalah sebuah jalan di pusat yogyakarta D. Pulau komodo bisa di kunjungi kurang lebih 1-2 jam dari pelabuhan terdekat 4. Tuliskan unsur cerita fantasi ! (Gambar bagan) 5. Tuliskan struktur teks prosedur ! (Gambar bagan)
Jawaban:
pulau komodo bisa di kunjungi kurang lebih dari 1 2 jam
Penjelasan:
dari pulau terdekat
13. LAPORAN HASIL PENGAMATAN Objek pengamatan : Pohon jati, mahoni, dan kaktusLokasi : Rumah Eka dan halaman dekat rumah EkaTujuan pengamatan :Mengamati cara tumbuhan beradaptasi dengan lingkungannyaWaktu pengamatan : Minggu, 17 Mei 2020Nama pengamat : Made dan EkaAdaptasi Tumbuhan Berdasarkan Tempat Hidupnya Setiap makhluk hidup tentunya memerlukan adaptasi jika mereka berada di suatu lingkungan yang baru. Tak terkecuali pada tumbuhan. Mereka pun mempunyai cara agar dapat beradaptasi dengan lingkungan tempat hidupnya. Contoh tumbuh-tumbuhan tersebut di antaranya pohon jati, mahoni, dan kaktus. Beberapa tumbuhan mempunyai cara tersendiri dalam mengurangi penguapan. Ada yang menggugurkan daunnya pada musim kemarau, misalnya pohon jati dan pohon mahoni. Sementara itu, kaktus menyesuaikan diri dengan lingkungannya melalui dua cara. Pertama, mengubah bentuk daunnya menjadi duri. Kedua, batangnya berdaging dan berkulit tebal. Batang yang seperti ini berfungsi untuk menyimpan air. Dengan demikian, kaktus dapat mengurangi penguapan dan tidak kekeringan. Pada saat musim hujan, kaktus menyerap air sebanyak-banyaknya. Air tersebut disimpan di dalam batang. Cadangan air ini digunakan ketika musim kering tiba. 1. Tuliskan ide pokok berdasarkan teks laporan di atas !Paragraf 1Paragraf 2
Jawaban:
untuk paragraf 1: setiap mahkluk hidup tentunya memerlukan adaptasi
untuk paragraf 2:Cadangan air di gunaka sevelum musim kering tiba
Jawaban:
paragraf 1:
setiap makhluk hidup memerlikan adaptasi,jika tinggal di lingkungan yang baru.
paragraf 2:
Beberapa tumbuhan mempunyai cara tersendiri dalam mengurangi penguapan.Ada yang menggugurkan daunnya pada musim kemarau,ada yang menyesuaikan diri dengan lingkungannya
14. 1. Di bawah ini adalah contoh bagian dari teks laporan yang telah dikumpulkan menggunakan pola kronologis. a. Rumah Dimas menghadap ke beranda masjid. Batas pagar rumah dengan pagar masjid hanya berjarak sekitar 3 meter b. Setelah melintasi kompleks makam, Anda akan mencapai pasar hewan dalam waktu sekitar 15 menit. Di sini kami berdagang dengan produk hewani. c. Setelah makan kami kembali bekerja. Sebelumnya, kami makan dengan antusias dan sedikit obrolan ringan sebagai hidangan pembuka d. Pak Rusmin, namanya sangat ramah untuk semua orang. Bahkan untuk orang yang bermusuhan.Teks laporan hasil observasi berisi A. Hasil peninjauan atau pengamatan secara rinci , sistematif , faktual , dan cermat B. Langkah langkah atau tahapan dalam membuat suatu hal C. Informasi faktual yang baru saja benar benar terjadi dalam lingkungan sekitar D. Informasi tentang suatu objek atau situasi yang merupakan hasil suatu pengamatan ilmia Penggunaan kata depan "di" yang tepat terdapat pada kalimat A. Salah satu museum yang banyak di kunjungi pelajar adalah museum geologi bandung B. Museum ini di dirikan pada zaman kolonialisme belanda C. Malioboro adalah sebuah jalan di pusat yogyakartaD. Pulau komodo bisa di kunjungi kurang lebih 1-2 jam dari pelabuhan terdekat Tuliskan unsur cerita fantasi ! (Gambar bagan) Tuliskan struktur teks prosedur ! (Gambar bagan)Jawab nya ❤️♥️
A. KARENA JALAN DARI SATU KE SATU SANGAT LAH DEKAT MAAF KALAU SALAH
15. 1. Di dalam pembelajaran bahasa Indonesia sejak kamu di bangku kelas 7, 8, dan 9 ini kamu diajarkan tentang berbagai teks. Teks yang berisikan tujuan, proses, dan hasil percobaan disebut teks….a. Deskripsib. Eksplanasic. Eksposisi d. Laporan percobaan2. Pernyataan di bawah ini yang bukan ciri dari teks laporan percobaan adalah….a. Melaporkan hasil percobaan.b. Dilakukan guna menguji sesuatu.c. Memaparkan prosedur pelaksanaan pengamatan.d. Menggambarkan suatu objek, benda atau tempat secara rinci.3. Susunan struktur dalam membuat teks laporan percobaan adalah…a. Simpulan, bahan dan alat, hasil, langkah-langkah, dan tujuan.b. Tujuan, alat dan bahan, langkah-langkah, simpulan, dan hasil.c. Bahan dan alat, langkah-langkah,hasil, tujuan, dan simpuland. Tujuan, bahan dan alat, langkah-langkah, hasil, dan simpulan.4. Bacalah teks di bawah ini !Telur asin biasanya dibuat dengan cara tradisional memakai abu gosok atau bubuk batu bata. Namun, sebenarnya telur asin dapat dibuat lebih praktis hanya menggunakan garam. Pembuatan telur asin juga bisa dilakukan dirumah. Dapat menggunakan telur bebek atau ayam. Namun, telur bebek punya cangkang lebih tebal, bagian kuning lebih besar dan lebih berminyak daripada telur ayam. Sehingga mampu meningkatkan rasa dan tekstur telur asin. Paragraf di atas merupakan struktur teks laporan bagian …a. Tujuan b. Hasil c. Langkah-langkahd. Simpulan5. Dengan membuat slime sendiri, pengetahuan dan kreativitas kamu akan bertambah. Di sisi lain juga dapat menghemat uang dan mendapatkan slime yang lebih aman jika terkena kulit karena mengandung boraks.Kutipan di atas merupakan struktur teks laporan percbaan bagian….a. Tujuan b. Simpulan c. Bahan dan alatd. Hasil6. Bacalah teks di bawah ini !Membuat Kembar Mayang1). Gunakan stepler ketika akan menggabungkan janur di sebelahnya2). Ambil janur yang masih segar !3). Ulangi proses di atas untuk beberapa helai janur !4). Susun janur sedemikian rupa !5). Gunting janur tersebut sesuai dengan pola yang diinginkan !Urutan membuat kembar mayang yag tepat adalah….a. 2-4-1-5-3 b. 2-5-3-1-4 c. 2-4-1-3-5d. 2-5-1-4-37. Pernyataan di bawah ini yang merupakan uraian terdapat pada….a. Bagian-bagian bungab. Telepon genggamc. Rantai makanan di sawahd. Mikrofon, speaker, keypad, layar tayang, baterai, codec, digital signal processor, GSM,SIM, radio frekuensi, konektor luar, memori internal dan sd card8. Hanya saja (…) aktifitas perkembangbiakan tak dibatasi (…) populasinya bisa meledak. Sepasang tikus bisa menurunkan 15.000 anak sepanjang hidupnya (…) tikus betina hampir menghabiskan waktu hidupnya untuk hamil. Seekor tikus dapat hidup antara satu hinggatiga tahun (…) masihkah anda memandang rendah pada tikus.Kata sambung (konjungsi) yang tepat untuk melengkapi kutipan teks yang rumpang di atas adalah…a. bila, maka, tetapi, jadi b. jika, tetapi, dan, jadi c. bila, tetapi, dan, jadid. jika, maka, dan, jadi9. Kelelawar merupakan mamalia. Kelelawar satu-satunya mamalia yang dapat terbang. Ada lebih dari 1000 jenis kelelawar seperti kelelawar vapir, kelelawar telinga panjang, kelelawar ekor tiga, dan kelelawar buah.Hal tersebut di atas merupakan bagian struktur laporan percobaan dari….a. pernyataan urain b. pernyataan tujuan c. pernyataan penjelasand. pernyataan umum10. Tanaman pacar air yang akarnya masi utuh. Pada pangkal batang di dalamnya mulai terlihat ada pembuluh yang berwarna biru. Daun dan pembuluh xylem tampak berwarna biru.Pernyataan tersebut di atas merupakan bagian laporan percobaan dari ….a. kajian teori b. pembahasan c. prosedur/cara kerjad. hasil pengamatan11. Kalimat yang menggunakan kata hubung terdapat pada kalimat…a. Aduk campuran selama beberapa detik !b. Lubangi salah satu bola pingpong !c. Lempar granat, saksikan granat berasap !d. Ketika air sudah mendidih, masukkan garam ke panci !12. Pada teks laporan percobaan bagian strukturnya yang tertuang dalam langkah-langkah biasanya menggunakan kalimat perintah. Di bawah ini yang merupakan contoh kalimat perintah adalah…a. Sabun mandi yang terbuat dari lidah buaya telah berhasil dibuat.b. Perkakas seperti gergaji dan lem perekat.c. Slime ini cara membuatnya sangat mudah sekali sehingga menghemat uang anda.d. Aduklah air dan jus lemon dengan menggunakan garpu !13. Yang merupakan simpulan dari teks laporan percobaan adalah…a. Tanpa ada bantuan sinar matahari, kita tidak dapat membuat pelangi buatan.b. Proses pembakaran ini akan meleburkan warna dari crayon sehingga asap bisa menghasikan warna.c. Untuk mengamati benda langit yang jaraknya jauh ternyata tidak selalu harus menggunakan alat yang memiliki teknologi tinggi.d. Sabun lidah buaya sangat ramah lingkungan dan sangat mudah untuk dibuat.
Jawaban:
1. Laporan percobaan
2.D
3.D
4.B
5.B
6.D
7.D
8.D
9.C
10.D
11.D
12.D
13.B
Jawaban:
1) D.Laporan Percobaan
2)D. Menggambarkan suatu objek, benda atau tempat secara rinci.
3) D.Tujuan, bahan dan alat, langkah-langkah, hasil, dan simpulan.
4)A.Tujuan
5)b. Simpulan
6)b. 2-5-3-1-4
7)a. Bagian-bagian bunga
8)d. jika, maka, dan, jadi
9)d. pernyataan umum
10)d. hasil pengamatan
11)a. Aduk campuran selama beberapa detik !
12)d. Aduklah air dan jus lemon dengan menggunakan garpu !
13)c. Untuk mengamati benda langit yang jaraknya jauh ternyata tidak selalu harus
menggunakan alat yang memiliki teknologi tinggi
Maaf jika salah.
Posting Komentar untuk "Contoh Laporan Hasil Pengamatan Di Lingkungan Rumah"