Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacalah Beberapa Teks Dibawah Ini Dengan Cermat Kemudian Tentukan


Bacalah Beberapa Teks Dibawah Ini Dengan Cermat Kemudian Tentukan

Bacalah teks dibawah ini dengan cermat dan baik, kemudian tentukan kalimat yang salah serta perbaikannya yang tepat dan benar. Sebagaimana soal yang tertera dibawah teks tersebut?

Daftar Isi

1. Bacalah teks dibawah ini dengan cermat dan baik, kemudian tentukan kalimat yang salah serta perbaikannya yang tepat dan benar. Sebagaimana soal yang tertera dibawah teks tersebut?


Jawaban:

assalamualaikum ka selamat pagi hehe


2. Baca dengan cermat teks di bawah ini, tentukan 5W dan buat kesimpulannya! tolong dijawab ya kak ^^


Maaaaaaaaaaaaaaaaaafffffffffffffff Saaaaaaaaaaaaaaaaaaayyyyyyyyyaaaaaaa tiiiiiiiiiiiidddddaaaaaaaakkjkkkkkk taaaaaahhhhhuuuuuuuu


3. Bacalah beberapa teks di bawah ini dengan cermat. Kemudian, tentukan manakah yang termasuk ke dalam teks eksplanasi. Setelah itu, secara berkelompok kemukakan alasan-alasannya!


Penjelasan:

Teks eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya atau terbentuknya suatu fenomena alam atau sosial. Pada teks eksplanasi juga sebuah peristiwa timbul karena ada peristiwa lain sebelumnya dan peristiwa tersebut mengakibatkan peristiwa yang lain sesudahnya.

Pembahasan:

Contoh Teks Eksplanasi!

a). Pertanian yang dilakukan secara konvensional sudah ketinggalan

zaman. Cara bertani konvensional ini dipandang tidak mampu

meningkatkan produksi dan kualitas pangan jika dilihat dari

tingkat kebutuhan pangan. Untuk mengatasi masalah ini sekarang

sedang dikembangkan bioteknologi yang diharapkan mampu

melipatgandakan produksi pangan sekaligus meningkatkan

kualitasnya.

jawab:

a). Ya, termasuk teks eksplanasi.

Alasan: karena pada teks terdapat pernyataan-pernyataan yang terdapat hubungan sebab akibat, yaitu cara bertani konvensional tidak mampu meningkatkan produksi dan kualitas pangan jika dilihat dari tingkat kebutuhan pangan karena sudah ketinggalan zaman.

______________________________________

DETAIL:

#Mapel BAHASA INDONESIA. ✓

#Materi Mempelajari Teks Eksplanasi (bab 2). ✓

#SemogaMembantu" :)


4. Baca dan pahamilah illustrasi di bawah ini dengan cermat ! " Bayangkan Anda adalah ketua OSIS di sekolah Anda.Anda ingin mengadakan acara perlombaan Pentas Seni dalam rangka menyambut Ulang Tahun MAN 1 Dumai,dengan mengundang sekolah lain untuk ikut dalam perlombaan tersebut kepada kepala sekolah.Anda berusaha memberikan argumen yang benar-benar menyakinkan.Agar pihak OSIS dan kepala sekolah mempunyai pandangan yang sama,kedua belah pihak perlu mengadakan pertemuan dan melakukan negosiasi. Soal1. Susunlah teks negosiasi dalam bentuk dialog antara kepala sekolah dan ketua OSIS sesuai ilustrasi di atas ! 2. Tentukan judul yang tepat untuk teks negosiasi tersebut ! 3. Tentukan tema( permasalan ) yang dibicarakan dalam teks negosiasi tersebut ! Gunakan kebahasaan dan struktur yang tepat dalam pembuatan teks negosiasi tersebut !​


Pembahasan:

Judul : "Rencana Pentas Seni Ulang Tahun SMAN 1 Dumai"

Tema : Perencanaan penyelenggaraan pentas seni

Catatan: Pada teks negosiasi ini, Kenji berperan sebagai Ketua OSIS SMAN 1 Dumai, sedangkan Ariya berperan sebagai Kepala Sekolah SMAN 1 Dumai.

Kenji : "Selamat pagi, Pak Ariya. Apakah Bapak memiliki waktu sebentar?"

Pak Ariya : "Oh iya, silahkan duduk Kenji. Ada keperluan apa ya?"

Kenji : "Ini pak, kami dari OSIS SMAN ingin mengadakan sebuah acara pentas seni dalam rangka menyambut Ulang Tahun SMAN 1 Dumai."

Pak Ariya : "Wah, Bapak sempat berpikiran juga sih untuk mengadakan sebuah acara untuk merayakan ulang tahun sekolah kita. Namun, karena keadaan pandemi seperti ini apakah masih memungkinkan untuk mengadakan sebuah acara dengan tatap muka?"

Kenji : "Memang tidak memungkinkan sih, Pak. Namun, kita bisa mengadakan acaranya secara daring."

Pak Ariya : "Seperti apa konsepnya, Ken? Coba dijelaskan terlebih dahulu."

Kenji : "Jadi, nanti konsep acaranya itu seperti virtual performance, Pak. Jadi, nanti seluruh penampilan pentas seni akan disiarkan langsung. Kemungkinan besar nanti beberapa OSIS SMAN akan berkumpul di sekolah untuk mengatur siaran langsung dan koordinasi lainnya."

Pak Ariya : "Namun, apakah pentas seni seperti ini efektif ya, Ken? Apakah akan mengurangi keseruan acara? Takutnya nanti pada bosan tidak?"

Kenji : "Oh tenang saja, Pak. Meskipun pentas seni ini diselenggarakan secara daring, namun persiapan untuk pentas seni akan tetap seperti biasa dengan menaati protokol kesehatan yang ada. Jadi, nanti sistemnya para penampil akan mengirimkan video untuk disiarkan."

Pak Ariya : "Berarti panggung pentas seninya harus dibuat semenarik mungkin, karena kan acaranya diselenggarakan secara daring."

Kenji : "Betul sekali, Pak. Sepertinya untuk pentas seni ini membutuhkan biaya yang cukup besar. Tadi kami sempat berpikir untuk menjalin kerja sama dengan beberapa sponsor juga, Pak."

Pak Ariya : "Wah, ide bagus tuh, Ken. Bapak setuju dengan ide pentas seni ini. Nanti untuk koordinasi lebih lanjut bisa dengan Bu Laurencia saja ya, Ken."

Kenji : "Baik, terima kasih banyak, Pak."

Pak Ariya : "Iya, sama-sama, Ken. Ingat ya, acaranya harus sukses."

Kenji : "Hehehe, itu mah sudah pasti, Pak. Kalau begitu saya izin pamit dulu ya, Pak."


5. Cermatlah teks diskusi di bawah ini untuk menjawab soal no. 1-3!!!! Pemanfaatan internet sekarang Kian meluas. Pada awal tahun 2000,internet lebih banyak digunakan oleh kalangan bisnis dan perkantoran. Mengakses pun tak semudah dan semurah sekarang. Kini, internet dapat dengan mudah diakses oleh berbagai, termaksud pelajar. Propram intermet masuk sekolah pun diluncurkan untuk memberikan manfaat internet bagi pelajar. Internet membuat dunia seolah tanpa batas. Tanpa beranjak dari kursi warnet saja, seseorang sudah dapat berkeliling dunia, bertemu dan mengobrol dengan banyak orang, berkunjung kebanyak tempat, membaca banyak buku, dan memperoleh banyak informasi terbaru. Keunggulan inilah yang ingin diberikan kepada para pelajar. Soal!!! 1). Pada bagian apakah, kutipan teks diskusi di atas disajikan? 2).Tentukan kalimat topik paragraf 1 pada teks diskusi tersebut! 3). Identifikasi unsur bahasa yang terdapat dalam teks diskusi tersebut!


1 . pragraf kedua

2. propram internet pun masuk sekolah diluncurkan untuk memberikan internet bagi pelajar

3 . internetpun membyat dunia tanpa batas maag klo salah

6. Bacalah dengan cermat teks bacaan di bawah ini!Hak adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang atau sesuatu yang seharusnya diterimaseseorang. Hak warga negara Indonesia ditentukan dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar NegaraRepublik Indonesia Tahun 1945. Berdasarkan ketentuan dalam Undang-Undang Dasar NegaraRepublik Indonesia Tahun 1945 hak warga negara Indonesia banyak bentuknya. Berikut beberapabentuk hak warga negara Indonesia.Tentukan kalimat utama dan gagasan utama dari teks bacaan di atas !​


Jawaban:

dari hak warga negara indonesia ditentukan undang undang sampai republik indonesia 1945. paragraf 2


7. Bacalah beberapa teks di bawah ini dengan cermat kemudian tentukan manakah yang termasuk ke dalam teks eksplanasi setelah itu secara berkelompok Kemukakan alasan alasannya


Menentukan paragraf yang termasuk teks eksplanasi

Paragraf A merupakan teks eksplanasi karena mengandung fakta dan hal yang dibahas bersifat keilmuan.Paragraf B merupakan teks eksplanasi karena mengandung fakta, hal yang dibahas bersifat keilmuan, serta mengandung hubungan kausalitas dalam paragrafnya.Paragraf C bukan merupakan teks eksplanasi karena menceritakan cerita menggunakan sudut pandang.Paragraf D bukan merupakan teks eksplanasi karena isinya berupa prosedur.Paragraf E merupakan teks eksplanasi karena mengandung hubungan sebab-akibat.

Pembahasan

Teks eksplanasi adalah teks yang memaparkan suatu proses kejadian dengan sejelas-jelasnya. Teks eksplanasi banyak menggunakan fakta, baik itu untuk menunjang alasan ataupun sebab-sebab atas peristiwa yang akan dipaparkan. Teks eksplanasi menggunakan banyak fakta dan pernyataan-pernyataan yang memiliki hubungan sebab akibat (kausalitas).

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang kaidah kebahasaan teks eksplanasi https://brainly.co.id/tugas/19936148


#BelajarBersamaBrainly #SPJ1


8. bacalah beberapa teks dibawah ini dengan cermat kemudian tentukan manakah yang termasuk ke dalam teks eksplanasi setelah itu secara berkelompok kemukakan alasan-alasannya​


Jawaban:

Yang termasuk kedalam teks eksplanasi adalah teks D.

Pembahasan:

Teks eksplanasi merupakan penyampaian yang berisi suatu proses mengapa dan bagaimana suatu hal dapat terjadi seperti peristiwa alam, ilmu pengetahuan sosial, budaya dan lain-lain.

Tujuan teks eksplanasi:

Menjelaskan suatu fenomenaMenjelaskan proses sebab akibat

Ciri-ciri teks eksplanasi:

Berdasarkan faktaBersifat informatif dan tidak menggiring opini pembacaTerdiri dari pernyataan, sebab dan akibatMenggunakan sequence mark (pertama, kedua, kemudian, dll)

Materi tentang teks eksplanasi dapat disimak pada link berikut ini https://brainly.co.id/tugas/13124786

#BelajarBersamaBrainly


9. Telaalah struktur dan ciri kebahasaan teks pidato persuasif di atas sesuai dengan panduan di bawah ini! langkah kegiatan a. bacalah kembali contoh teks pidato yang tersedia pada bahan ajar ini dengan cermat! b. tentukan stuktur tersebut dengan menulisakn gagasan-gagasan utama dari setiap paragrafnya. c. tentukan pula ciri dan kaidah kebahasaan teks itu secara terperinci. d. sajikanlah hasilnya dalam rubrik berikut. judul teks : ………………………………… tema : ………………………………… struktur teks pengenalan isu/pembukaan rangkaian argumen/ isi pernyataan ajakan/kesimpulan kaidah kebahasaa penggunaan kata/kalimat kutipan teks 1. 2. 3. 4. 6. tulislah sebuah pidato persuasif yang berisi gagasan, pikiran, arahan, atau pesan dengan tema yang paling kamu kuasai dalam tabel berikut! tema teks pidato di bawah ini assalamualaikum wr.wb. marilah kita mengucapkan puji dan rasa syukur kehadirat allah swt, berkat karunia dan nikmat yang telah diberikan kepada kita sem


Jawaban:

judul teks: pidato persuasif

tema: Pendidikan karakter


10. Bacalah dengan cermat teks bacaan di bawah ini ! Hak adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang atau sesuatu yang seharusnya diterima seseorang. Hak warga negara Indonesia ditentukan dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Berdasarkan ketentuan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 hak warga negara Indonesia banyak bentuknya. Berikut beberapa bentuk hak warga negara Indonesia. Tentukan kalimat utama dan gagasan utama


Jawaban:

kalimat utama=Hak adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang atau sesuatu yang seharusnya diterima seseorang.

maaf yang gagasan utamanya saya tidak tahu

#maafkalau salah


11. 1. Bacalah paragraf di bawah ini dengan cermat!Rasa malas belajar bukanlah satu masalah baru bagi para pelajar. Bukan rahasia umumlagi, kalau ingin menjadi orang sukses haruslah memiliki sikap disiplin yang tinggisehingga tidak ada sedikit pun sifat malas dalam diri kita, baik malas belajar, malasmembaca, malas berolahraga, maupun sifat malas lainnya. Ketika rasa malas sudah kitaberi ruang di dalam diri kita, tamatlah sudah. Kita akan dipercaya oleh rasa malas belajaryang sering menghinggapi agar dapat tercapai tujuan atau cita-cita yang Anda harapkan.Tentukanlah struktur teks prosedur dalam cuplikan di atas dengan alasannya!​


Jawaban:

struktur teks prosedur

Cara menjadi orang sukses :

1. memiliki sikap disiplin yang tinggi

2. hindari sifat malas

Penjelasan :

struktur teks prosedur berisi langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai atau membuat sesuatu. berikut hal yang termasuk dalam struktur teks prosedur :

1. Tujuan : kegunaan teks prosedur itu menjelaskan tentang apa, seperti contoh cara memasak nasi goreng

2. Material : bahan dan alat yang dibutuhkan

3. Langkah : cara-cara pembuatan mulai dari awal sampai akhir

Pelajari lebih lanjut

1.  Materi Teks Prosedur : https://brainly.co.id/tugas/19912180

Detail Jawaban

Kelas : 11 (SMA)

Mapel : Teks Prosedur

Bab : 1

Kode : 11.1.1


12. 3.Bacalah paragaraf di bawah ini!(1) Tentukan garis besar/inti cerita tersebut(2) Bacalah dengan cermat teks cerita tersebut(3) Pahami isi teks cerita tersebut(4) Tentukan nilai-nilai pelajaran yang dapat diperoleh dalam cerita tersebutsehingga simpulan ceritaSusunlah kalimat tersebut mnjadi paragraf yang padu!​


Jawaban:

2-3-1-4

Penjelasan:

sorry if I am wrong


13. cermati teks diskusi dibawah ini untuk menjawab soal nomor 1 sampai 3pemanfaatan internet sekarang kian meluas.pada awal tahun 2000,internet lebih banyak digunakan oleh kalangan bisnis dan perkantoran.mengaksesnya pun tak semudah dan semurah sekarang.kini,internet dapat dengan mudah diakses oleh berbagai kalangan,termasuk pelajar.program internet masuk sekolah pun diluncurkan untuk memberikan manfaat internet bagi pelajar.internet membuat dunia seolah tanpa batas.tanpa beranjak dari kursi warnet saja,seseorang sudah dapat berkeliling dunia,bertemu dan mengobrol dengan banyak orang,berkunjung ke banyak tempat,membaca banyak buku,dan memperoleh informasi terbaru.keunggulan inilah yang ingin diberikan kepada para pelajar1.pada bagian apakah,kutipan teks diskusi diatas disajikan?2.tentukan kalimat topik paragraf 1 pada teks diskusi tersebut3.identifikasi unsur bahasa yang terdapat dalam teks diskusi tersebuttolong dibantu ya


1.Isu
2.Fungsi internet bagi manusia
3.mengguakan tanda hubung perlawanan, menggunakan kohesi leksiakl dan kohesi gramtikal, mengawali permasalahan dengan kalimat tanya, dan menggunakan kata modalitas.

Maaf kalau salah

14. Cermati teks di bawah ini!Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perpustakaan sekolah sebagai sumber pelajaran ternyata masih jarang dikunjungi siswa karena beberapa penyebab. Salah satu penyebab tersebut adalah koleksi perpustakaan yang kurang lengkap ruangan perpustakaan kurang kondusif dan masih kurangnya minat baca siswaTentukan penggunaan tanda baca yang tepat untuk teks tersebut!​


Penjelasan:

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa perpustakaan sekolah sebagai sumber pelajaran ternyata masih jarang dikunjungi siswa karena beberapa penyebab. Salah satu penyebab tersebut adalah koleksi perpustakaan yang kurang lengkap, ruangan perpustakaan kurang kondusif, dan masih kurangnya minat baca siswa.

semoga bermanfaat..


15. 1.Bacalah teks berikut dengan cermat!2.Tentukan ide pokok setiap paragraf!3.Buatlah simpulan teks diskusi di bawah ini!​


Jawaban:

2.

-Mereka menyediakan tong sampah dengan warna yang berbeda, Warna merah untuk limbah bahan beracun dan berbahaya (B3); Hijau untuk limbah organik (sisa makanan, tulang, daun); Kuning untuk bungkus kemasan makanan, plastik, kaleng; Biru untuk kardus dan kertas; abu-abu untuk pembalut wanita, popok bayi, putung rokok, dan permen karet.

-Kampung wisata jambangan menjadi percontohan "gaya hidup hijau" dalam daur ulang sampah dan penghijauan Kampung yang sesungguhnya.

-Setiap benda yang di daur ulang merupakan bonus bagi lingkungan kita akibat kita belajar menggunakan sumber daya alam dengan lebih efisien.

3.

Simpulan teks berikut tadi adalah Pemerintahan pusat dan daerah sejak beberapa tahun lalu mencoba agar masyarakat lebih mudah bergaya hidup hijau. Mereka menyediakan tong sampah yang berbeda, agar masyarakat mengetahui dimana mereka membuang sampah nya. Namun di pihak lain, orang menganggap gagasan daur ulang hanya membuang waktu mereka. Mereka sangat salah, setiap benda yang di daur ulang merupakan bonus bagi lingkungan. Mereka tidak berfikir apa yang akan terjadi 10, 20, 30 saat kemudian jika tempat tinggal mereka di penuhi sampah.

Semoga membantu!!

-Maaf kalau salah!-

Untuk no 1 saya tidak mengerti jadi maaf.


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Bacalah Beberapa Teks Dibawah Ini Dengan Cermat Kemudian Tentukan"