Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daya Serap Siswa


Daya Serap Siswa

pengertian cuaca menurut para ahli ?? pengertian daya serap siswa menurut para ahli ?? -buat data penelitian

Daftar Isi

1. pengertian cuaca menurut para ahli ?? pengertian daya serap siswa menurut para ahli ?? -buat data penelitian


cuaca adalah keadaan udara pada saat tertentu dan d wilayah tertentu dg waktu yg relatif sempit dan dlm jangka waktu yg singkat

2. 1. Dalam proses belajar mengajar terdapat siswa yang mudah menyerap pelajaran dan ada yangsulit rendah daya serapnya. Menurut Anda, hal-hal apa saja yang mungkin menyebabkanrendahnya daya serap siswa terhadap pelajaran?JawabPenjelasan2. Tujuan belajar adalah mampu menguasai materi pelajaran yang bisa bermanfaat di masayang akan datang. Bagaimana menurut Anda?JawabPenjelasan3. Setujukah Anda dengan pelaksanaan UN yang menentukan kelulusan siswa oleh tiga matapelajaran saja?JawabPenjelasan4. Pada saat mengikuti kegiatan belajar, seringkah Anda bertanya pada guru?JawabPenjelasan5. Benarkah Anda termasuk siswa yang mempersiapkan ujian dengan cara dadakan? Berikanalasannya!JawabPenjelasan :​


Jawaban:

1. karena kennayak nonton atau main game

kurang perhatian orang tua, atau penjelasan dari guru yg sulit di mengerti

2. iya benara tujuan belajar adalahmampu menguasai materi pelajaran yang bisa bermanfaat di masa

yang akan datang dan bermanfaat bagi orng lain di sekitaran kita

3. kalau saya ,saya kurang setuju ,karna bnyk juga dari siswa yg masih menggeluh ,dan bahkan tidak belajar di malam hari sebelum ingin un,tapikan sekarang un sudah di ganti dengan akm

4. kalu saya jarang ,sya lebih suka bertanya kepada teman dan teman yg memjelaskannya

5. iya saya suka sekali buku buku sblm ujian di mulai


3. Bacalah identifikasi masalah penelitian berikut ini.1. Daya serap materi Matematika SMP berdasarkan hasil Ujian Nasional belum dianalisis oleh sebagian sekolah di Provinsi Jambi2. Belum terdeteksi beberapa konsep materi Matematika yang masih belum dipahami oleh siswa 3. Pada kompetensi tertentu materi Matematika masih dirasa sulit oleh siswa sehingga perlu perbaikan strategi pembelajaranBacalah identifikasi masalah penelitian berikut ini.1. Daya serap materi Matematika SMP berdasarkan hasil Ujian Nasional belum dianalisis oleh sebagian sekolah di Provinsi Jambi2. Belum terdeteksi beberapa konsep materi Matematika yang masih belum dipahami oleh siswa 3. Pada kompetensi tertentu materi Matematika masih dirasa sulit oleh siswa sehingga perlu perbaikan strategi pembelajaranDari identifikasi masalah tersebut, kerjakan tugas berikut:a. Rumuskan masalah penelitian dalam bentuk pertanyaanb. Rumuskan tujuan penelitian dalam bentuk pernyataan ​


Jawaban:

Rumusan masalah penelitian:

Apa manfaat menganalisis daya serap materi Matematika SMP di Provinsi Jambi?

Bagaimana cara mendeteksi pemahaman siswa terhadap konsep materi Matematika?

Apa saja strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk perbaikan pembelajaran Matematika?

Rumusan tujuan penelitian:

Untuk mengetahui manfaat analisis daya serap materi Matematika SMP di Provinsi Jambi.

Untuk mengetahui cara mendeteksi pemahaman siswa terhadap konsep materi Matematika.

Untuk mengetahui strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk perbaikan pembelajaran Matematika.


4. Untuk memudahkan penyerapan oksigen dari udara maka tubuh cacing selalu..Hewan mamalia bernapas dengan menggunakan....Udara masuk ke tubuh manusia pertama-tama melalu!...Sikap atau perilaku untuk senantiasa melaksanakan tugas dan kewajlban tertentu dinamakanUsaha meningkatkan hasil pertanian dengan cara memperbanyak jenis tanaman pada suatulahan pertanian dinamakan....Usaha perikanan seperti budidaya ikan lele, ikan mas dan ikan nila termasuk jenis perikananyang menggunakan air....Kegiatan mengolah barang mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi dinamakankegiatan ....Lagu gugur bunga hymne guru dan mengheningkan cipta adalah contoh lagu bernada diatonis0. Sebuah lagu dengan nada diatonis minor biasanya bersifat ....JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENARISebutkan organ-organ dalam sistem pernapasan manusia!JawabSebutkan ciri-ciri tangga nada diatonis mayor!JawabSebutkan contoh tanggung jawab terhadap diri sendiri sebagai seorang siswa!JawabSebutkan macam-macam bidang usaha yang memanfaatkan sumber daya alam!Jawab********Sebutkan contoh tanggung jawab sebagai warga masyarakat!Jawab***​


Jawaban:

1.lembab dan berlendir

2.paru-paru

3. hidung

4. tanggung jawab

5.Diversifikasi

6.air tawar

7.rancang bangun dan perekayasaan industri

8.minor

9.sedih dan kurang bersemangat

jawablah

1.Laring (kotak suara)...

Trakea (batang tenggorokan) ...

Tulang rusuk. ...

Paru-paru. ...

Pleura. ...

Bronkiolus. ...

Alveoli. ...

Tabung bronkial...

2.Bersifat riang gembira.

Bersemangat.

Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada Do.

Mempunyai pola interval: 1, 1, ½, 1, 1, 1, ½

3.Melaksanakan tugas piket harian.

belajar dengan sungguh-sungguh

4. pertanian.

perkebunan.

peternakan.

industri.

cafe.

pertambangan.

perikanan.

5.Menciptakan lingkungan yang aman, damai, serta sejahtera. - Menjaga lingkungan agar selalu aman, seperti mengikuti kegiatan poskamling. - Menjaga kebersihan lingkungan. - Ikut serta dalam pembangunan desa


5. soal ini melang kah langkah nomor nya jadi jawab sesuai dengan nomor yang ada situini PTS prakaryakelas 7jawab yang benar jangan ambil poin saya lagi butuh ya2. Berkilau, lembut, tidak mudah kusut, sangat halus, kekuatannya tinggi, tahap terhadap sinar matahari, daya serap cukup tinggi, tidak mudah berjamur, mudah terbakar, berbau seperti rambut terbakar, bekas pembakaran berbentuk abu hitam, bulat serta mudah dihancurkan. Ciri-ciri tersebut, merupakan karakteristik serat … *a. Sutrab. Wolc. Selulosad. Enceng gondok4. perhatikan pernyataan berikut. 1) kuat2) tahan lama3) bentuknya susut4) bertekstur sesuai pernyataan produk . Berdasarkan pernyataan di atas, syarat yang sesuai sebagai bahan baku produk tekstil ditunjukkan oleh nomor … *a. 1, 2, dan 3b. 2, 3, dan 4c. 1, 2, dan 4d. 1, 3, dan 46.Bahan makanan nabati yang di teliti UI dan IPB yang di percaya dapat meningkatkan imunitas tubuh yang dengan Teknik penyajian … *a. Madu di juiceb. Kulit jeruk di juicec. Batang jambu biji di juiced. Buah, daun, dan kulit batang jambu biji di juice9. Perhatikan beberapa bahan-bahan kerajinan berikut (1) Flannel(2) Kain wol(3) Styrofoam(4) KardusBahan utama yang biasa digunakan untuk membuat sebuah miniature rumah ditunjukkan oleh nomor … *a. 1 dan 3b. 2 dan 3c. 1 dan 4d. 3 dan 410. Seorang siswa ingin membuat miniatur rumah. Dia ingin memilih perekat yang tepat untuk menyatukan bagian-bagian dari miniature rumah tersebut.Bahan yang cocok dipilih oleh siswa tersebut adalah … *a. Lem kertasb. Lem kanjic. Double taped. hektar​


Jawaban:

2. A. Sutra

4. C. 1,2, dan 4

6. A. Madu di juice

9. D. 3 dan 4

10. B. Lem kanji

Penjelasan:

Semoga membantu


6. Bacalah teks tanggapan di bawah inTUDSiswa dan Serapansekolah para siswa beramai-ramai mengunjungi kantin sekolah Para siswa membeli berbagai makanan yang tersedia danSarapan sangat diperlukan oleh tubuh, terutama siswa Namun pada kenyataannya banyak siswa yang tidak sama SataibadBeberapa siswa ada yang membeli gorengan, nasi mie instan, atau minuman softdrink Aktas tersebut mereka lakukan secara rutiTahukah siswa bahwa mereka berangkat ke sekolah mempunyai tujuan utama yakru belajar. Proses belajar menekan atasotak Otak tidak dapat bekerja dengan maksimal jika tidak diberi nutrisi dengan baik kinerja otak yang tidak tak akan memengaruhproses belajar Ada perbedaan sikap dan kesiapan antara siswa yang telah sarapan dengan yang berum sarapan yang telahWajahnya terlihat lesu dan kurang bersemangatPenelitian menunjukkan siswa yang rutin sarapan memiliki daya ingat dan konsentrasi lebih baik dibanding sewa yang berangkat canrumah dengan perut kosong Menu sarapan sebaiknya tidak berlebihan Menu sarapan yang bisa dikategorikan wang bahan bakarotak adalah kaya serat, mengandung karbohidrat dan vitamin Makanan dengan kadar serat tinggi dan rendah gula akan dicamadengan lambat sehingga menyediakan energi yang konstan dan tidak cepat lapar Sarapan memiliki fungsi dapat memenuhikebutuhan nutrisi tubuh Sarapan juga dapat menurunkan berat badan.Siswa sebaiknya mengubah kebiasaan tidak sarapan menjadi pola disiplin untuk sarapan Kesiapan fisik sewa harus dijaga dalamkeadaan baik. Fisik yang prima akan memberikan dampak yang baik bagi prestasi dalam belajar Prestasi belajar yang cemerlangmerupakan jalan untuk meraih kesuksesan23Simpulkan isi informasi tanggapan di atas?Apa tujuan teks tanggapan di atas?Adakah kalimat atau ungkapan yang mengesankan buatmu, apa itu?itu kak soalnya​


Jawaban:

1. Isi dari informasi tanggapan tersebut adalah Siswa-siswi yang akan ke sekolah harus sarapan terlebih dahulu sebagai bahan bakar otak mereka ketika pembelajaran telah dimulai. Tujuan siswa ke sekolah adalah belajar. Jika mereka tidak mendapatkan nutrisi dengan baik, maka pelajaran yang diterangkan tidak akan diresap oleh otak mereka. Proses belajar menekan atas otak. Otak tidak dapat bekerja dengan maksimal jika tidak diberi nutrisi dengan baik. Siswa yang rutin sarapan memiliki daya ingat dan konsentrasi yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang berangkat dengan perut kosong. Sarapan memiliki fungsi dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

2. Tujuan teks tanggapan tersebut adalah mengimbau dan mengajak siswa yang hendak ke sekolah sarapan terlebih dahulu supaya siswa dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan lebih optimal dan mendapatkan prestasi dalam belajar.

3. Kalimat atau ungkapan yang mengesankan buat saya, yaitu:

1). Siswa sebaiknya mengubah kebiasaan tidak sarapan menjadi pola disiplin untuk sarapan.

2). Prestasi belajar yang cemerlang merupakan jalan untuk meraih kesuksesan.

Penjelasan:

Semoga membantu.


7. Cermati teks berikut!Pada awal sejarah pembelajaran, media merupakan alat bantu yang digunakan guru untukmenerangkan materi pelajaran. Alat bantu yang mula-mula digunakan adalah alat bantuvisual Alat bantu visual berupa sarana yang dapat memberikan pengalaman visual kepadasiswa Tujuan alat bantu ini antara lain untuk meningkatkan motivasi belajar, memperjelas,mempermudah konsep yang abstrak, dan mempertinggi daya serap atau retensi belajarIde pokok teks tersebut adalaha. media merupakan alat bantu pembelajaram b. media pembelajaran meningkatkan prestasic. media visual digunakan dalam pembelajaraand. peningkatan daya serap pembelajaraan dengan mediae. pengalaman belajar dengan medua visual​


Jawaban:

a.media merupakan alat bantu pembelajaran.

semoga membantu.

Jawaban:

C.media visual digunakan dalam pembelajaran

Penjelasan:


8. 1. Daya serap materi Matematika SMP berdasarkan hasil Ujian Nasional belum dianalisis oleh sebagian sekolah di Provinsi Jambi 2. Belum terdeteksi beberapa konsep materi Matematika yang masih belum dipahami oleh siswa 3. Pada kompetensi tertentu materi Matematika masih dirasa sulit oleh siswa sehingga perlu perbaikan strategi pembelajaran Dari identifikasi masalah tersebut, kerjakan tugas berikut: a. Rumuskan masalah penelitian dalam bentuk pertanyaan b. Rumuskan tujuan penelitian dalam bentuk pernyataan


Jawaban:

A. Rumusan Masalah

1. Mengapa Hasil Ujian Nasional belum dianalisis oleh sebagian sekolah di Provinsi Jambi ?

2. Mengapa siswa masih belum memahami konsep materi matematika ?

3. Bagaimana memberikan strategi pembelajaran materi matematika agar mudah dipahami oleh siswa ?

B. Tujuan Penelitian

1. Untuk mengatahui apa menjadi penghambat dalam menganalisis Hasil ujian Nasional di Provinsi Jambi.

2. Untuk mencari permasalahan yang dialami siswa agar bisa memahami konsep materi matematika.

3. Untuk mencari solusi strategi pembelajaran yang mudah dipahami oleh siswa.


9. Tolong terjemahin ke dalam bahasa sunda dong please bantuin :) Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Yang terhormat guru bahasa sunda dan teman teman siswa kelas XII yang berbahagia. Puji dan Syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul pada kesempatan kali ini. Saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato berjudul “Persiapan Menghadapi Ujian Nasional”. Ujian Nasional 2015 sudah di depan mata, Ujian Nasional 2015 ini rencananya dilaksanakan pada bulan Mei mendatang. Ujian Nasional ini merupakan pintu gerbang untuk memasuki institusi pendidikan di jenjang yang lebih tinggi. Banyak orang gagal mencapai keberhasilan karena mereka tidak memiliki berbagai persiapan dalam menghadapi ujian. Untuk itu ada beberapa tips atau kiat agar kita berhasil dan sukses menghadapi ujian nanti. Adapun kiat-kiat mengahadapi Ujian Nasional adalah sebagai berikut : 1. Hadapilah ujian dengan tenang Hadapilah ujian ini dengan sikap yang tenang dan , kita harus menyadari bahwa ujian sebagai sesuatu yang harus dihadapi dan dilalui. Sikap tenang akan memungkinkan kita menyusun rencana menentukan strategi dan menjalaninya dengan senang. 2. Perbanyaklah berlatih mengerjakan soal dan jagalah kesehatan 3. Belajar kelompok Belajar kelompok merupakan salah satu cara yang dapat dipakai para siswa untuk berbagi dengan teman yang lain dalam memecahkan soal dan saling menguatkan motivasi belajar dan prestasi. 4. Efektifkan belajar di sekolah Masih terdapat siswa yang datang ke sekolah dan hadir di kelas dengan alakadarnya atau sekadar hadir, tidak mengoptimalisasikan semua potensi dirinya untuk meraih hasil terbaik dalam daya serap materi maupun prestasinya. Padahal jika dimaksimalkan, niscaya hasilnya akan lebih bagus kalaupun tidak ditambah dengan les-les yang lain di luar jam sekolah. 5. Mohon doa restu dari orang tua Mohon doa restulah pada orang tua agar kita diberi kemudahan dan kelancaran. Kedua orang tua kita akan dengan senang mendoakan putra-putrinya yang sedang berjuang menghadapi UN. 6. Lakukan sholat malam Untuk yang beragama islam, dapat memperbanyak solat malam,untuk memperoleh ketenangan batin. Itulah 6 kiat mengahadapi Ujian Nasional yang dapat saya sampaikan, sebelum saya mengakhiri pidato saya pada kesempatan kali ini,saya menghimbau teman-teman agar dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi Ujian Nasional jauh-jauh hari sebelum menyesal karena kesalahan kita sendiri. Saya menyarankan agar teman-teman dapat memaksimalkan hal-hal yang telah disebutkan agar hasil Ujian Nasional yang kita dapatkan bisa maksimal. Terakhir, saya berharap semoga kita semua sukses Ujian Nasional 2015 dan lulus dengan hasil yang memuaskan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Peace Be kana Anjeun, Sarta Allah Mercy Sarta rahmatan lil 'alamin
 Wabarakatuh
  guru basa Sunda jeung siswa kelas XII babaturan nu
 senang. Puji jeung sukur urang ka Alloh SWT anu geus dibikeun anugerah nya kitu nu urang bisa ngumpulkeun
 dina kasempetan ieu. Kuring teu nyebutkeun
 hatur nuhun pikeun kasempetan nu geus dibikeun ka kuring pikeun nganteurkeun hiji ucapan nu judulna "Nyiapkeun pikeun ujian
 National ". Ujian Nasional 2015 aya dina tetempoan, Ujian Nasional 2015 ieu dijadwalkeun pikeun nyokot tempat di Méi.
 Ujian Nasional nyaeta lawang saketeng ngasupkeun lembaga atikan di tingkat nu leuwih luhur. Loba jalma gagal pikeun ngahontal kasuksésan sabab teu boga rupa dina nyiapkeun ujian. Ku sabab
 aya sababaraha tips atawa trik junun sarta junun nyanghareupan ujian saterusna. Nu tips nyanghareupan Ujian Nasional
 nyaéta kieu:
 1. ujian rupa nyantai
 Nyanghareupan ujian ieu kalawan dangong
 tenang jeung, urang kudu nyadar yén tes minangka hiji hal anu kudu Nyanghareupan jeung lulus. Dangong tenang bakal ngidinan urang keur ngartikeun hiji rencana strategi jeung cicing wae jeung pelesir.
 2. dilegakeun prakték gawé dina masalah jeung ngajaga kaséhatan Anjeun
 Group 3. Learning
 Belajar group mangrupa salah sahiji cara anu bisa dipaké ku para mahasiswa pikeun ngabagikeun ka babaturan sejenna dina ngarengsekeun masalah jeung saling reinforcing motivasi diajar
 jeung prestasi.
 4. efektifkan diajar di sakola
 Masih aya siswa anu datang ka sakola jeung ngadatangan kelas jeung spurious atawa ngan saukur hadir, teu pungsi sadaya poténsial pikeun manéhna pikeun ngahontal hasil
 Anu pangalusna dina bahan diserep jeung kinerja. Jeung lamun maximized, undoubtedly hasilna bakal gede sanajan teu gandeng jeung les-les batur luar jam sakola.
 5. Mangga rohmat kolotna
 Mangga berdoa restulah kolotna nu kami dibere betah jeung smoothness. Boh bapa bakal bagja shalat pikeun putra jeung putri maranéhanana anu berjuang jeung UN.
 6. Ngalakukeun solat peuting
 Pikeun agama Islam, bisa
 kalikeun solat magrib, pikeun
 ménta karapihan tina pikiran.
 Éta 6 tips nyanghareup Ujian
 Nasional anu kuring bisa ngomong, samemeh kuring disimpulkeun ucapan mah dina kasempetan ieu, kuring pangjurung babaturan nu
 bisa nyiapkeun poe jauh-jauh Ujian Nasional saméméh kaduhung alatan kasalahan urang sorangan. I AM
 nyarankeun yen babaturan bisa maksimalkeun pungsi nu hal anu geus disebutkeun yén Ujian Nasional hasil nu urang bisa meunangkeun nu maksimal. Ahirna mah, asa
 meureun urang sadaya sukses dina 2015 jeung lulus ujian nasional jeung hasil nyugemakeun. Nuhun kana perhatosanana. Wassalamualaikum Warahmatullahiwabarokatuh


10. . Daya serap materi Matematika SMP berdasarkan hasil Ujian Nasional belum dianalisisoleh sebagian sekolah di Provinsi Jambi2. Belum terdeteksi beberapa konsep materi Matematika yang masih belum dipahamioleh siswa3. Pada kompetensi tertentu materi Matematika masih dirasa sulit oleh siswa sehinggaperlu perbaikan strategi pembelajaranDari identifikasi masalah tersebut, kerjakan tugas berikut:a. Rumuskan masalah penelitian dalam bentuk pertanyaanb. Rumuskan tujuan penelitian dalam bentuk pernyataan​


Jawaban:

Rumusan masalah penelitian:

Apa manfaat menganalisis daya serap materi Matematika SMP di Provinsi Jambi?

Bagaimana cara mendeteksi pemahaman siswa terhadap konsep materi Matematika?

Apa saja strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk perbaikan pembelajaran Matematika?

Rumusan tujuan penelitian:

Untuk mengetahui manfaat analisis daya serap materi Matematika SMP di Provinsi Jambi.

Untuk mengetahui cara mendeteksi pemahaman siswa terhadap konsep materi Matematika.

Untuk mengetahui strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk perbaikan pembelajaran Matematika.


11. Jawablah pertanyaan di bawah ini!1. Berikut ini yang termasuk upaya mengatasi pencemaran udara adalah...a. membersihkan limbah lewat sumur-sumur pengolahan sebelum dibuang ke lingkunganb. uji emisic. proses daur ulangd. penggunaan pestisida dan pupuk buatan sesuai dosis aturan2. Pernyataan di bawah ini yang tepat adalah...a. pencemaran lingkungan pasti terjadi oleh kegiatan manusiab. pencemaran hanya berdampak di sekitar lokasi limbahc. daya dukung lingkungan dapat ditingkatkan terus-menerusd. pencemaran hanya berdampak sesaat 3. Air yang tercemar dapat diolah dengan cara berikut ini, kecuali...a. penyaringanb. pewarnaan c. pengendapan d. penyerapan 4. Berikut ini hal-hal yang dapat dilakukan siswa untuk mengurangi pemanasan global adalah....a. jalan kaki ke sekolah sehingga mengurangi produksi CO2 ke atmosferb. mematikan lampu belajar setelah selesai belajar sehingga akan menghemat listrikc. memakai parfum semprot ke sekolah sehingga membebaskan gas CFC ke atmosferd. hemat memakai kertas sehingga tidak banyak pohon yang ditebang untuk pembuatan kertas.5. Pencemaran tanah banyak terjadi karena adanya sampah organik dan anorganik. Salah satu penyebab pencemaran tanah tersebut sampah...a. organik yaitu kaca,kertas, dan besib. organik yaitu daun, kaca, dan sisa makananC. anorganik yaitu daun, plastik, dan besid. anorganik yaitu kaca, plastik, dan besi​


1.B.UjiEmisi

Karena uji emisi merupakan pengukuran pembuangan gas bermotor yang berkaitan dengan pencemaran udara.

2.C.Dayadukunglingkungandapatditingkatkanterusmenerus.

Karena jawaban lain kurang tepat.

3.A.Penyaringan

Karena proses perbaikan kualitas air dilakukan dengan cara filter atau penyaringan.

4.D.Hematmenggunakankertassehinggatidakbanyakpohonyangditebanguntukpembuatankertas.

Karena jawaban lain kurang tepat.

5.D.Anonganikyaitukaca,plastik,danbesi.

Karena jawaban lain kurang tepat.


12. (1) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mencetak lulusan siap kerja dan kompeten sepertinya begitu jauh dengan kenyataan yang ada. Adanya permasalahan yang dihadapi diantaranya adalah masih terdapat kesenjangan kompetensi lulusan SMK dengan kebutuhan rill DU/DI, keadaan ini dapat diindikasikan dengan rendahnya daya serap tenaga kerja lulusan SMK oleh DU/DI. Karya konkret dan inovasi menjadi kunci bagi mereka. (2) Badan Pusat Statistik (BPS) dalam laporan bulan Agustus 2011, menyatakan jumlah angkatan kerja pada Agustus 2011 mencapai 117,4 juta orang dan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Indonesia pada Agustus 2011 mencapai 6,56 % atau 7,70 juta, dimana sebanyak 3,07 juta adalah lulusan SLTA dan SMK. Dengan perbandingan jumlah antara SMA dan SMK di Indonesia 51 : 49 dapat diartikan bahwa jumlah TPT untuk lulusan SMA kurang lebih mencapai 1,56 juta dan jumlah TPT untuk lulusan SMK 1,51 juta. (3) Hal ini juga menjadi sorotan Direktur Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Joko Sutrisno bahwa “Di SMK wajib dilaksanakan latih dagang untuk siswa. Pokoknya, semua program keahlian harus sampai pada mata rantai menjual dan mengembangkan. Ini mengajarkan kewirausahaan yang nyata kepada siswa,” (Djoko, 26/1, Kompas.com). (4) Bekal kemampuan berwirausaha akan membuat lulusan SMK yang tidak terserap dunia kerja bisa mandiri. Menurut Badan Statistik Indonesia (BPS) terakhir pada januari 2012 jumlah wirausaha di Indonesia hanya mencapai angka 1,56 persen dari jumlah penduduk di Indonesia. Tentu prosentase itu terpaut jarak yang jauh dengan negara negara berkembang lain. Padahal, idealnya suatu negara berkembang paling tidak harus memiliki 2% wirausaha dari total penduduk. Pentingnya implementasi pendidikan kewirausahaan pada setiap mata pelajaran di SMK akan membuat pola pikir siswa akan menjadi lebih terbuka. Pendidikan tingkat menengah, khususnya SMK memiliki karakter yang unik dalam menghasilkan lulusan yang siap kerja. Sesunguhnya potensi lulusan SMK bukan hanya siap kerja, namun memiliki peluang besar ikut mengembangkan ekonomi melalui kewirausahaan. Siswa SMK yang sedang menempuh pendidikan harus dipersiapkan tidak hanya untuk mengisi peluang kerja sebagai pekerja pada dunia usaha dan industri. Akan tetapi , hal ini pun merupakan upaya pendidikan yang memberikan lulusan SMK memiliki jiwa dan perilaku kewirausaan. (5) Menjadi wirausaha adalah pekerjaan yang sangat mandiri. Seorang wirausaha akan mendapatkan manfaat mandiri finansial. Hal ini disebabkan oleh keleluasaan seorang wirausaha mengatur kebijakan dan regulasi finansialnya sendiri. Hal lain yang menjadi manfaat berwirausaha adalah terbangunnya semangat kompetisi pada diri wirausaha tersebut. Dalam berwirausaha, salah satu tantangan yang harus dihadapi salah satunya adalah persaingan dalam menjual produk. Oleh karena itu, tanpa disadari para wirausaha akan mempunyai semangat kompetisi tinggi dalam melakukan pekerjaannya. (6) Kualitas anak SMK dan kemampuan dalam berinovasi dapat menjadi dasar untuk berwirausaha. Ada beberapa kreasi anak SMK yang sudah jelas-jelas wajib diperhitungkan, seperti Pesawat Jabiru J430 SMK Negeri 29 Jakarta, Mobil “Rosa” karya siswa SMK Negeri 6 Malang, Mobil Digdaya Karya SMK Negeri 1 Singosari, Mobil Kiat Esemka SMK 2 Surakarta dan SMK Warga Surakarta, Buggy Car ABCD (Anak Bandung Cinta Damai) SMKN 8 Bandung, Sepeda Listrik Karya Siswa SMK 2 Surakarta, Batik Karya Siswa SMK Negeri 5 Yogyakarta, dan LCD proyektor Karya Siswa SMK 1, 6, 26 dan 56 Jakarta. Karya-karya ini menandai kalau anak SMK bukanlah sekedar anak sekolah menengah biasa yang hanya menampung pelajaran di sekolah dan tak menggunakannya. (7) Adanya karya konkret menandai sebuah awal yang bagus untuk pergerakan SMK. Inovasi-inovasi yang telah tercipta diharapkan dapat menjadi penyulut semangat bagi siswa-siswa SMK yang lain agar dapat berinovasi lebih jauh dalam berbagai wujud. Oleh karena itu, wirausaha adalah solusi terbaik untuk anak SMK dalam bersaing di dunia kerja. Tuliskan informasi penting di teks tersebut !


1 . Rendahnya daya serap tenaga kerja lulusan SMK oleh DU/DI .

2 . Menurut laporan BPS bulan Agustus 2011 lulusan SMA dan SMK yakni sebanyak 3,07 juta menjadi penyumbang untuk TPT di Indonesia .

3 . Menurut Bapak Djoko Sutrisno , pendidikan di SMK wajib diajarkan kewirausahaan yang nyata kepada siswa .

4 . Melalui upaya pendidikan , diharapkan lulusan SMK memiliki jiwa dan perilaku kewirausahaan .

5 . Para wirausaha akan mempunyai semangat kompetisi tinggi dalam melakukan pekerjaannya karena wirausaha adalah pekerjaan yang sangat mandiri .

6 . Kualitas anak SMK dan kemampuan dalam berinovasi dapat menjadi dasar untuk berwirausaha .

7 . Wirausaha adalah solusi terbaik untuk anak SMK dalam bersaing di dunia kerja .

semoga membantu


13. SOALPilihlah jawaban yang tepat!! 1. Perhatikan pernyataan berikut ini! (1) Memajukan pendidikan hanya di negara Indonesia saja (2) Mencapai masyarakat ASEAN yang peduli terhadap pendidikan (3) Pendorong penyedia sarana pendidikan yang baik (4) Pendorong penyedia tenaga pendidikan yang baik. Pernyataan di atas yang merupakan tujuan Deklarasi Pendidikan adalah ....• 1, 2, dan 3• 1, 2, dan 4• 1,3,dan 4• 2,3, dan 42. Perhatikan pernyataan berikut : (1)meningkatkan daya saing di bidang pendidikan; (2) agar para pelajar dapat bebas berbelanja di negara lain ; (3) mendorong pelajar agar mengenal budaya negara lain ; (4) menambah pengalaman para pelajar. Tujuan utama pertukaran pelajar antar negara ASEAN adalah ....• 1 dan 2• 1 dan 3• 2 dan 3• 2 dan 43. Syarat untuk dapat mengikuti pertukaran pelajar antar negara ASEAN adalah ....• Berparas menarik• Terkenal• Berprestasi• Hobi Belanja4. Kegiatan kerja sama di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi diwujudkan melalui kegiatan ....• membangun industri bersama• membangun tempat pengungsian• melakukan perjanjian ekstradisi• melakukan kegiatan penelitian bersama5. Kerja sama meningkatkan kualitas sumber daya manusia bertujuan untuk ....• menciptakan sumber daya manusia yang siap kerja di negara lain• membangun pusat industri dunia yang menyerap banyak tenaga kerja• menciptakan sumber daya manusia yang mampu bersaing dengan masyarakat dunia• menciptakan sumber daya manusia yang lemah sehingga dapat dibayar murah6. Salah satu upaya meningkatkan kualitas pendidikan adalah ....• membangun banyak sekolah yang mahal• menerapkan iuran sekolah yang tinggi• membatasi jumlah siswa yang ingin sekolah• menyusun kurikulum pendidikan yang tepat7. Salah satu upaya meningkatkan mutu pendidikan adalah memberikan ... bagi siswa berprestasi.• uang jajan• beasiswa• sanksi• hukuman8. Memberikan sarana pendidikan yang baik bertujuan untuk ....• meningkatkan gengsi terhadap negara lain• menghasilkan devisa negara• meningkatkan mutu pelajar• meningkatkan pendapatan masyarakat9. Pertukaran guru antar negara ASEAN bertujuan ....• Guru mahir mengajar di luar negeri• Guru mampu mengajar siswa asing yang ada di Indonesia• Guru mahir berbahasa asing saat mengajar di Indonesia• Guru memiliki wawasan dan pengalaman baru untuk mengajar10. Kemajuan pendidikan di Indonesia memberikan manfaat bagi negara kita, antara lain ....• Negara memiliki pemasukan yang besar dari sektor pendidikan• Pendidikan dapat menjadi salah satu sektor bisnis yang menjanjikan• Menjadikan sumber daya manusia berkualitas dan mampu bersaing• Menjadikan sumber daya manusia yang tinggi hati​


Jawaban:

1. 2,3,4

2. 1 dan 3

3. Berprestasi

4. melakukan kegiatan penelitian bersama

5. menciptakan sumber daya manusia yang mampu bersaing dengan masyarakat dunia

6. menyusun kurikulum pendidikan yang tepat

7. beasiswa

8. meningkatkan mutu pelajar

9. Guru memiliki wawasan dan pengalaman baru untuk mengajar

10. Menjadikan sumber daya manusia berkualitas dan mampu bersaing

Penjelasan:

maaf kalau ada jawaban yang salah:p


14. 11. Penulisan kata serapan yang tepat terdapat pada kalimat... A. Artis harus mampu menjaga _imej-nya_ agar tetap disukai penggemar. B. Ayah mengendarai mobil _pick-up_ untuk membawa hasil kebun ke pasar. C. Siswa-siswa di sekolah belajar mengembangkan daya _kreatifitas_ mereka. D. Saya mendapat _buklet_ yang berisi cara memasak menu untuk lebaran.


Jawaban:

C.

Penjelasan:

karena kata serapan nya itu kreativitas yang di ubah menjadi kreatifitas.

maaf kalo salah


15. jika dilihat dari perkembangannya pada mula-mulanya media hanya dianggap sebagai alat bantu mengajar guru (teaching aids). alat bantu yang dipakai, misalnya gambar, model, objek, dan alat lain yang dapat memberikan pengalaman konkret motivasi belajar, serta mempertinggi daya serap belajar siswa. namun, karena terlalu memusatkan perhatian pada alat bantu visual yang dipakainya, orang kurang memperhatikan aspek desain, pengembangan pembelajaran produksi, dan evaluasinya. dengan masuknya pengaruh teknologi audio pada sekitar abad pertengahan abad ke-20,alat visual untuk mengkonkretkan ajaran ini dilengkapi dengan alat audio sehingga kita kenal adanya alat bantu audiovisual.Pertanyaan1. Permasalahan yang dibahas dalam teks tersebut adalah....A. Perkembangan media pendidikanB. Perbedaan media audio, visual, dan audiovisualC. Pengaruh media pendidikan terhadap motivasi belajar siswaD. Perkembangan teknologi pada pertengahan abad ke-20E. Manfaat media pendidikan bagi guru​


Jawaban:

A. Perkembangan media pendidikan

penjelasan:

karenateksdiatasmembahastentangmediapendidikan

#jadikanygtercerdas

Jawaban:

A. perkembangan media pendidikan

maaf klau slh


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Daya Serap Siswa"