Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Program Tahunan Kurikulum 2013


Cara Membuat Program Tahunan Kurikulum 2013

program untuk mengembangkan kurikulum 2013 SMP

1. program untuk mengembangkan kurikulum 2013 SMP


agar menerapkan sikap yang paling utama
mengembangkan nilai pengetahuan dan keterampilan

2. Gimana cara membuat kesimpulan kurikulum 2013​


Jawaban:

anda baca dulu bukunya, cari yg paling penting, trus anda buat kesimpulannya.

Penjelasan:

maap kalo salah


3. MENGAPA KURIKULUM 2013 DI BUAT ? KURIKULUM 2013 TERLIHAT SAMA SAJA DENGAN KURIKULUM TAHUN 1970-AN. LALU APAKAH BEDANYA ? MANFAATNYA DAN AKIBAT BURUK DARI PERGANTIAN KURIKULUM YANG TERJADI . DAN MENGAPA DI KTSP DI ADAKAN PELAJARAN TI ? BUAT APA ? APAKAH DIKURIKULUM 2013 DI HAPUS ?


Ini bukan pendapat saya :D
Ini pendapat dari guru, Mentri pendidikan, dan karyawan di sekolah saya :D
Kalau saya sih ikut - ikut aja nggak peduli kurikulum diganti menjadi 2013.
Berikut pendapat - pendapat itu :
1. Mengapa ? : agar peserta didik dapat lebih bekerja kelompok dan dapat belajar sendiri, guru hanya sebagai pengawas.
2. Terlihat sama ? : Saya belum tau pendapat yang ini :D
3. (ini pendapat saya berdasarkan pengalaman)
Manfaat :
- Siswa lebih mudah bicara didepan
- Siswa dapat bekerja secara berkelompok
- Siswa dapat belajar sendiri tanpa dampingan guru
Kekurangan :
- Terdapat siswa yang mendapat nilai jelek, karena cara mengajar guru tidak sesuai.
- Lebih membuang waktu di bagian presentasi.
- Tunggu di 2 tahun mendapat :D
4. Pelajaran TIK :pada KTSP sudah banyak siswa yang lebih pintar daripada gurunya dibidang TIK, sehinga pada kurikulum 2013ini TIK ditiadakan.
5. Belum tau, tunggu 6 - 10 tahun mendatang :D

4. Pada tahun 2013, Pemerintah dalam hal ini Kemdikbud meluncurkan kurikulum baru yang bernama “Kurikulum 2013” , menurut analisa anda mengapa kurikulum 2013 tersebut diberlakukan pada saat ini? sudah pantas dan cocokkah kurikulum tersebut diterapkan di Indonesia?Berikan alasannya


Jawaban:

kurikulum 2013 diberlakukan sebagai bentuk pengembangan dari ktsp.

kurikulum tersebut sudah cocok dilakukan bagi sekolah" besar dg kemampuan siswa dan ketersediaan sarana prasarana yg memadai, tapi sampai saat ini masih banyak sekolah yg blm mampu mengaplikasikan k13 karena sarana penunjang yg masih kurang (sekolah kecil)


5. Apa yang dimaksud dengan hasil samping pangan nabati dan bagaimana cara membuatnya?(kurikulum 2013)


Hasil samping bahan pangan nabati adalah membuat kerajinan yang berasal dari barang bekas bahan pangan nabati.

Contoh :
Batok kelapa dibuat sebagai arang.
Kulit jagung dibuat sebagai bungkus rokok.

6. bagaimana cara agar tercapainya kurikulum 2013?


siswa harus aktif.....kurikulum 2013 tuh..
memperhatikan akhlak, jadi harus sopan sama guru..
sama teman juga jangan suka cari masalah...

keaktifan juga...
jadi, harus berani maju kedepan kelas..
sering bertanya sama guru...

nilai juga tetap harus bagus.... loh !!! tapi yang paling penting tuh akhlak...

7. Apa tujuan kemendikbud membuat kurikulum 2013?


Kurikulum 2013 dibuat karena kurikulum ini mampu membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran sedangkan guru sebagai fasilitatornya.

8. Apakah tujuan di buatnya kurikulum 2013?


agar murid lbh aktif bertanya dan mencari tahu

9. Buatlah Percakapan tentang Kurikulum 2013!


dini:"assalamualaikum.wb"
alim:"waalaikumsallam.wb"
dini:"apa kbr mu?..."
alim:"baik-baik saja,
dan bagaimana kbrmu?..."
dini:"alhamdullillah baik"
alim:"din,tahun ini k13 ya"
dini:"iya,
udh dulu ya,
assalammualaikum.wb"
alim:"ya,waalaikumsallam.wb"

10. Bagaimana atau di mana caranya melihat apa saja yang ada di kurikulum 2013?


Jawaban:

proses pembelajaran Kurikulum 2013 dikembangkan atas prinsip pembelajaran siswa aktif melalui kegiatan mengamati (melihat, membaca, mendengar, menyimak), menanya (lisan, tulis), menganalis (menghubungkan, menentukan keterkaitan, membangun cerita/konsep), mengkomunikasi-kan (lisan, tulis, gambar, grafik, tabel, chart,dll

Penjelasan:

pertanyaan anda cukup membuat saya sedikit bingung.tapi semoga yang anda maksud adalah itu ^ω^

semoga membantu yh kk!!

11. Buatlah teks debat kurikulum 2013​


perpustakaan masih perlukah?

Moderator :

Terima terima kasih atas kehadiran rekan rekan pada siang ini, kita akan membahas

terkait tentang "Perpustakaan, masih perlukah? ”.

kelompok 1 yaitu kelompokafirmasi,kelompok 2 yaitu kelompok tetapi, dan kelompok 3 yaitu kelompoknetral.

TimAfirmasi :Kitatahu luar biasa pentingnya buku dalam dunia pendidikan dan setiapsekolahpasti memiliki sebuah perpustakaan sebagai shalat satu fasilitas danprasaranayang bisa menunjang pembelajaran. Kami juga mengakui itulahperanperpustakaan mulai tersingkirkan sejak perkembangan teknologi yangbanyakmendukung dunia pendidikan pula. Tapi perlu kita sadari, itulahperanperpustakaan tidak tergantikan. Saat mencari sumber-sumber yang terbukti validasnya, perpustakaan adalah tempat yang kita tuju.

TimOposisi :Kamidari tim tetapi mempertimbangkan itu perpustakaan pada eraperkembanganteknologi ini, tidak memilik sayaperan yang penting lagi Selainmembutuhk anwaktu khusus untuk 5.0 perpustakaan dan mencarinarasumber,perpustakaan permainan kata-kata kadang tidak menyediakan fasilitas bukusecaralengkap. Dan juga, ruang perpustakaan di sekolah-sekolah permainan kata-kata tidakefektifkarena secara lokasi, perpustakaan permainan kata-kata tidak nyaman dan tenangsebagaifasilitas pembelajaran.

TimNetral:Haruskita akui, dunia pendidikan tidak akan jauh dari dunia buku pula.Terutamadi sekolah-sekolah yang sudah pagi menyediakan fasilitas danprasaranayang lengkap bagi siswa-siswanya. Perpustakaan, bagi kami,termasukfasilitas dan prasarana yang penting. Di sinilah kita bisa Menemukansumber-sumb eryang jelas dan bisa dibuat narasumber pembelajaran.Tapipihak sekolah juga perlu diadakan perbaikan-perbaikan agarperpustakaanmenjadi tempat yang diperlukan oleh siswa Semisal, denganmelengkapifasilitas buku, menerima tempat yang nyaman dan tenang, danlain-lain.Tidak bisa kita pungkiri itu teknologi sudah melanjutkan peran


12. 8 perbedaan dan persamaan kurikulum tahun 1947 sampai 2013


di tahun 1947 era soekarno : gak ada UN
Di tahun 2013 era Pak SBY : Ada UN


13. buatlah puisi untuk kurikulum 2013


k13 kau sangat membantu
kau membuat kami
menjadi lebih aktif

membuat kami
menjadi lebih giat
terimakasih k13

14. Sejak tahun ajaran 2013/2014 kurikulum kita menggunakan kurikulum 2013. Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan tematik, saintifik, dan penilaian otentik, coba anda beri pengertian ketiganya..?​


A. PEMBELAJARAN TEMATIK

Pembelajaran tematik ini terpadu dilaksanakan dengan menggunakan prinsip pembelajaran terpadu. Pembelajaran terpadu dengan menggunakan tema sebagai pemersatu kegiatan pembelajaran yang memadukan beberapa mata pelajaran sekaligus dalam satu kali tatap muka, untuk dapat  memberikan pengalaman yang bermakna bagi para peserta didik. Peserta didik dalam memahami berbagai konsep yang mereka pelajari selalu melalui pengalaman langsung dan akan menghubungkannya dengan konsep lain yang telah dikuasainya.

B. PENDEKATAN SAINTIFIK

Proses pembelajaran  dengan menggunakan pendekatan saintifik hal maksudnya adalah untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik dalam mengenal, memahami berbagai materi menggunakan pendekatan ilmiah.

Informasi tersebut bisa berasal dari mana saja, kapan saja, tidak bergantung pada informasi searah dari guru. Maka dari itu, kondisi pembelajaran yang diharapkan tercipta diarahkan untuk mendorong peserta didik untuk mencari tahu dari berbagai sumber observasi, bukan dengan cara diberi tahu.

C. PENILAIAN AUTENTIK

Penilaian autentik yaitu merupakan suatu istilah/terminologi yang diciptakan untuk menjelaskan berbagai metode penilaian alternatif yang memungkinkan siswa dapat mendemonstrasikan kemampuannya dalam menyelesaikan tugas-tugas dan menyelesaikan masalah. Sekaligus, bisa mengekspresikan pengetahuan dan keterampilannya dengan cara mensimulasikan situasi yang dapat ditemui di dalam dunia nyata di luar lingkungan sekolah . Dalam hal ini merupakan sebuah simulasi yang dapat mengekspresikan prestasi (performance) siswa yang ditemui di dalam praktik dunia nyata.

Pembahasan

Kurikulum 2013 yaitu merupakan sebuah kurikulum yang berlaku dalam Sistem Pendidikan Indonesia. Kurikulum ini juga merupakan kurikulum yang tetap diterapkan oleh pemerintah untuk dapat menggantikan Kurikulum-2006 yang telah berlaku yaitu selama kurang lebih 6 tahun.

Pelajari lebih lanjutMateri penjelasan tentang kurikulum pendidikan K13 pada link https://brainly.co.id/tugas/456992Materi penjelasan tentang contoh kurikulum pendidikan K13pada link https://brainly.co.id/tugas/3563615Materi penjelasan konsep kurikulum pendidikan K13 puisi pada link https://brainly.co.id/tugas/13773725Detil Jawaban

Kelas     : VIII

Mapel    : Bahasa Indonesia

Bab        : Bab 1 - Sastra

Kode      : 8.1.1

#AyoBelajar

#SPJ2


15. Buatlah teks debat tentang kurikulum 2013


Menurut pengertiannya, Kurikulum 2013atau Pendidikan Berbasis Karakteradalah kurikulum baru yang dicetuskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk menggantikanKurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kurikulum 2013 merupakan sebuah kurikulum yang mengutamakan pemahaman, skill, dan pendidikan berkarakter, siswa dituntut untuk paham atas materi, aktif dalam berdiskusi dan presentasi serta memiliki sopan santun disiplin yang tinggi.

Kurikulum 2013 menyandang harapan tinggi untuk mampu membentuk karakter (identitas) bangsa Indonesia dan menyelesaikan masalah-masalah dalam dunia  pendidikan Indonesia. Sewajarnya, kurikulum baru yang sedang dalam masa sosialisasi ini, menerima sambutan pro dan kontra dari masyarakat. Pertanyaan mendasar yang timbul dari benak masyarakat: apakah kurikulum 2013 mampu membawa perubahan dan solusi bagi system pendidikan kita, atau malah turut menimbulkan permasalahan baru yang menambah peliknya dunia pendidikan Indonesia?

Reaksi penulis ketika mendengar info tentang Kurikulum 2013 ini melalui pesawat televise adalah kebingungan. Bagaimana tidak di kurikulum ini tidak ada lagi skor dengan angka, tetapi dengan beberapa huruf yang diwakili untuk mengisi angka- angka. Seperti contoh, Skor “A” setara dengan nilai 3.67 – 4.00 dengan batas maksimal 5.00. Tentu ini akan membuat para guru serta wali murid yang belum tahu akan kebingungan.

Banyak yang menilai adanya ketergesa – gesaan dalam pembuatan Kurikulum 2013 ini. Serta akibat yang diberikan ketidak merataan dan terlalu singkat. Uji public  berlangsung hanya sekian bulan, tanpa sosialisasi yang menyeluruh, sehingga tidak semua pihak merasa diikutkan didalamnya. Penulis sendiri baru mendapat informasi lebih detail tentang struktur kurikulum tersebut setelah uji public selesai dilaksanakan. Guru-guru yang berada di daerah terpencil kemungkinan malah  baru beradaptasi dengan KTSP, dan kini mendadak mereka harus beradaptasi lagi dengan rancangan kurikulum yang baru.

Selain perubahan dari segi menilai tadi. Ada juga beberapa yang berubah dari segi pemberian Mata pelajaran. Perubahan-perubahan yang biasa ditemukan pada kurikulum terbaru ini antara lain dihapuskannya atau diintegrasikannya mata pelajaran tertentu dengan alasan mengurangi beban siswa dan memusatkan pada target pendidikan. Misalnya  pelajaran IPA yang diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika pada jenjang SD, dan pelajaran TIK yang difungsikan menjadi sarana  pembelajaran untuk semua mata pelajaran pada jenjang SMP dan SMA. Pelajaran Bahasa daerah juga mengalami nasib yang sama pada kelompok muatan lokal, digantikan dengan materi pembahasan Seni Budaya dan Prakarya. Pelajaran Bahasa Inggris rencananya tidak lagi diajarkan di SD dengan alasan memantapkan penguasaan bahasa nasional siswa sekolah dasar.

Tentu ada sebagian pihak (guru) yang terima oleh kebijakan Kurikulum 2013. Tapi kebanyakan guru yang menentang sekali kebijakan kurikulum ini. Seperti kita ketahui, untuk dapat mengantongi sertifikat professional, seorang guru dituntut untuk mengajar dalam jumlah jam tertentu. Guru tentu merasa keberatan jika jam pelajarannya dikurangi. Belum lagi permasalahan dengan guru yang mata pelajarannya dihapus sama sekali. Mau dibawa kemana sekian guru yang tidak memiliki jam mengajar lagi? Bagaimana pula nasib ribuan guru bahasa inggris yang sudah bertahun-tahun mengabdikan ilmunya disekolah dasar? Belakangan muncul beberapa demonstrasi dari guru-guru yang merasa dirugikan oleh konten kurikulum 2013.

Di sisi lain, siswa maupun siswi tampaknya acuh tak acuh dengan perubahan kurikulum yang akan mereka hadapi. Karena memang, lazimnya dalam dunia pendidikan kita siswa maupun siswi cenderung dijadikan objek yang diarahkan perilakunya mengikuti kemauan guru atau para pengambil kebijakan.

Mungkin, kebijakan ini dibuat untuk perbakalan siswa maupun siswi di masa depan nanti yang dapat meneruskan perjuangan para pendahulunya.Sehingga Sumber Daya Manusia akan meningkat tajam. Tapi, apakah pelajaran Bahasa Inggris untuk SD harus dihapuskan? Padahal menurut penulis seharusnya pelajaran yang berbasis internasional itu harus ditanamkan sejak anak menginjak bangku Sekolah Dasar. Pemerintah juga harus pintar mengatur agar Bahasa Indonesia juga tidak tertimpa dengan Bahasa Asing yang dipelajari oleh siswa maupun siswi.


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Cara Membuat Program Tahunan Kurikulum 2013"